Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Keluarga Besar BSN Siap Kembali Bekerja dengan Semangat Baru

  • Selasa, 10 Mei 2022
  • Humas BSN
  • 208 kali

Mengawali masa kerja selepas cuti bersama Idul Fitri, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggelar Halal Bihalal pada Senin (9/5/2022) di Gedung Laboratorium SNSU BSN, Serpong. Acara ini diselenggarakan secara hybrid dengan tetap memenuhi protokol kesehatan.

Setelah kita melaksanakan ibadah puasa Ramadhan, merayakan hari kemenangan, maka ketaqwaan kita perlu ditingkatkan. “Pertama adalah “ketaqwaan vertikal” terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta yang kedua adalah “ketaqwaan horizontal” dengan sesama, dengan masyarakat,” tutur Kepala BSN, Kukuh S. Achmad saat membuka acara.

Sejalan dengan Kukuh, dalam kesempatan ini, Senior Trainer & Corporate Culture Consultant – ESQ, Eka Chandra mengingatkan tujuan utama dari Ramadhan. “Goals dari Ramadhan bukanlah baju baru atau THR. Tapi goals dari Ramadhan adalah bagaimana kita sebagai manusia dapat berkinerja kembali pada fitrah. Fitrah manusia adalah berkinerja tinggi, produktif, semangat, disiplin, dan sebagai Aparatur Sipil Negara tentu Ber-AKHLAK,” ujar Eka.

Tentu, setiap pegawai perlu menumbuhkan kembali semangat bekerja selepas libur panjang. Eka pun menyampaikan 3 tips untuk mengelola semangat bekerja. Tips tersebut adalah mengelola energi, mengelola respon, serta mencari alasan yang jelas sehingga kita bisa tetap berada di rel produktivitas.

Eka menerangkan, level energi terdiri dari beberapa tingkatan. “Gerak, kata, dan fokus akan mempengaruhi level energi kita. Dengan level energi yang tinggi, kita akan berada di kualitas terbaik,” terangnya.

Selain energi, respon pun perlu dikelola agar kita berada pada kualitas terbaik. Kita tidak bisa mengelola kenyataan/reality, tapi kita bisa mengelola respon kita terhadap kenyataan yang kita hadapi. Dengan respon yang baik, maka hasil yang akan kita dapatkan pun akan baik.

Tips terakhir dan yang paling utama adalah mencari/mengenali alasan luhur dalam bekerja. Bukan sekedar mencari kepastian, materi. Tetapi alasan tertinggi, yakni beribadah. “Jadikan bekerja, melayani bangsa, sebagai wujud ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Eka.

Halal Bihalal ini dihadiri oleh seluruh pegawai BSN baik secara offline maupun online. Diharapkan, Halal bihalal ini dapat menggugah semangat bekerja serta mempererat persaudaraan Keluarga Besar BSN. (ald-Humas)