Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PASC Annual General Meeting ke-44 Bahas Pemanasan Global dan isu Pandemik Covid 19

  • Kamis, 19 Mei 2022
  • Humas BSN
  • 219 kali


Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Sekretariat Pacific Area Standards Congress (PASC) 2020-2022, melangsungkan sesi pertemuan online dalam rangka Annual General Meeting (AGM) ke-44 antara anggota PASC dengan organisasi internasional terkait standar yaitu International Standards Organization (ISO), International Electrotechnical Commission (IEC), dan International Telecommunication Union (ITU) pada rabu (18/05/2022).

Delegasi BSN dipimpin oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad hadir bersama Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektroteknika, Transportasi dan Teknologi Informasi BSN, Y. Kristianto Widiwardono; Analis Kebijakan Ahli Utama Puji Winarni; serta Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi, Zul Amri (Sekretaris PASC); serta Koordinator Kelompok Substansi Kerja Sama BSN, Suhaimi Kasman.

Pertemuan ini bertujuan untuk mendapatkan update informasi dari organisasi-organisasi internasional tersebut, dimana anggota PASC telah menyiapkan topik-topik terpilih untuk bahan diskusi.

Beberapa isu yang didiskusikan pada AGM kali ini antara lain terkait perubahan iklim, termasuk ISO London Declaration; Pengembangan, diseminasi, dan penggunaan SMART Standards; Pelajaran yang dipetik oleh ketiga orgasisasi selama masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini; serta penyampaian inisiasi pengembangan kapasitas selama masa pandemi Covid-19.

Pertemuan dan diskusi dipimpin oleh PASC EC Chair, Chantal Guay (Canada). Sementara, perwakilan dari tiap organisasi internasional diantaranya hadir: ISO Representative, Sergio Mujica (Mr.); IEC Representative, Yinbiao Shu (Mr.) dan Phillipe Metzger (Mr.); serta ITU representative: Chaesub Lee (Mr.)

“Pertama, kita perlu mengidentifikasi standar kunci terkait perubahan iklim dan dan membungkusnya agar dapat diterima dan digunakan pada organisasi, perusahaan ataupun pengguna lainnya,” tutur Sergio Mujica.

Pada agenda kedua, beberapa perwakilan anggota PASC juga memberikan  paparan terkait topik terpilih. JISC (Jepang) mempresentasikan topik terkait (Perubahan iklim), SAC (China) terkait (SMART Standards), SSC/ESG (Singapura) dan BIS (India) mewakili topik terkait (Pelajaran yang dipetik selama masa pandemi Covid-19). Selanjutnya topik tentang inisiasi pengembangan kapasitas selama masa pandemi Covid-19), diwakili oleh SA Standards (Australia) dan KATS (Republik Korea) serta JISC (Jepang). 

Hadir pada pertemuan ini 22 dari 23 negara anggota (kecuali Mongolia), termasuk beberapa Badan Standar Nasional (NSB) dari masing-masing negara dan Badan Standar Regional (RSO) seperti APMP, APLMF, dan Pan American Standards Commission (COPANT), ARSO, SARSO, Standard Development Organization (SDO) yang diwakili ASTM, dan para pemangku kepentingan PASC lainnya. (Put – Humas)