Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Lakukan Kunjungan ke BSI LHK

  • Rabu, 25 Mei 2022
  • Humas BSN
  • 253 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan kunjungan audiensi ke Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSI LHK) Kementerian LHK untuk pertama kalinya setelah re-strukturisasi bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada Selasa (24/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo, menyampaikan tujuan kunjungan yakni untuk bersilaturahmi sekaligus mengutarakan urgensi pengembangan SNI guna mendukung tatakelola kebijakan K/L di sektor lingkungan dan kehutanan.

Hendro yang didampingi Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Halal BSN, Heru Suseno beserta staf menjelaskan mengenai pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait lingkungan hidup dan kehutanan beserta komite teknisnya.

“Saat ini, terdapat 39 Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) lingkup LHK tahun 2022. Secara rinci, ada 15 PNPS pada Komtek 65-01 Pengelolaan Hutan; 6 PNPS pada Komtek 13-03 Kualitas Lingkungan; 8 PNPS pada Komtek 13-07 Manajemen Lingkungan; 2 PNPS pada Komtek 65-12 Bambu dan Rotan; 1 PNPS pada Komtek 13-13 Ekonomi Sirkular; 4 PNPS pada Komtek 65-02 Hasil Hutan Bukan Kayu; serta 3 PNPS pada Komtek 79-01 Hasil Hutan Kayu,” ungkap Hendro.

Sementara itu, Hendro juga menanyakan kebijakan KLHK terkait pengembangan standar dan penerapan; keterkaitan dengan SDGs; perubahan iklim; serta pembahasan alokasi Komite Teknis pasca restrukturisasi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BSI LHK, Ary Sudijanto mengatakan perlunya pembahasan lebih lanjut agar tidak terjadi ruang lingkup yang bersinggungan berikut juga SNI yang dikelolanya.

Melalui kunjungan ini, Hendro berharap dapat makin menguatkan sinergi antara BSN dan BSI LHK. (KND)