Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tindak Lanjut MoU BSN dengan Gosstandart Belarusia

  • Kamis, 02 Juni 2022
  • 962 kali

Duta Besar Belarusia untuk Indonesia, Valery Kolesnik, didampingi Konselor Kedutaan Besar Belarusia di Jakarta, Alexey Lachimov, menemui Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad pada hari Kamis (02/06/2022) di Kantor BSN, Thamrin, Jakarta. Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti penandatanganan MoU antara BSN dengan Gosstandart selaku Badan Standardisasi Belarusia yang telah terlaksana di Bali pada 18 April 2022 lalu. MoU tersebut terkait kerja sama di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi, termasuk juga dalam rangka memformulasikan implementasi program pada bidang-bidang yang telah disepakati bersama.

“Saya telah meminta tim kami untuk mengidentifikasi program dan kegiatan di bidang standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi, sehingga MoU ini dapat kita tindaklanjuti dengan kegiatan nyata, yang dapat memberikan mutual benefit bagi Indonesia dan Belarusia, untuk mendukung perekonomian kedua negara,” ungkap Kukuh pada sambutannya.

Beberapa isu dalam MoU ini diantaranya terkait dialog pakar/ahli dengan BSN terkait MoU antara The State Committee for Standardization of The Republic of Belarus dan BSN, penandatanganan kembali kesepakatan MoU antara Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan Badan Akreditasi Belarusia, Dialog pakar/ahli antara The Belarusian State Center for Accreditation (BSCA) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam rangka memastikan Badan Sertifikasi Halal Belarusia  patuh terhadap persyaratan peraturan perundang-undangan Indonesia. Selain itu, dibahas juga kesiapan BSCA untuk mempelajari dan mengimplementasikan proses akreditasi halal seperti ketentuan Peraturan Pemerintah Indonesia Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021, Kesimpulan atas pejanjian antara Belarusian State Institute for Standardization and Certification (BelGISS) dan BSN atas distribusi resmi Standar Nasional Indonesia (SNI) di wilayah Republik Belarusia.

Turut mendampingi Kepala BSN, diantaranya Plt. Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri; Analis Kebijakan Ahli Madya selaku Koordinator Kelompok Substansi Kerja Sama, Suhaimi Kasman; serta Analis Standardisasi Ahli Madya Selaku Koordinator Kelompok Substansi Pengembangan Standar Energi, Febriyanto Nugroho. (Put – Humas/Red: Arf)