Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KSN 2022: Tampilkan Inovasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Baterai Kendaraan Listrik

  • Rabu, 29 Juni 2022
  • Humas BSN
  • 268 kali

Standardisasi menjadi salah satu kompetensi yang banyak dipersyaratkan oleh industri guna mendapatkan sumber daya manusia yang mampu membawa organisasinya untuk berkiprah dalam level persaingan yang semakin ketat. Untuk itu, pemahaman dan keterampilan standardisasi perlu ditanamkan kepada generasi muda. Salah satu caranya adalah melalui kompetisi atau olimpiade sebagai ajang untuk membangun sumber daya manusia yang berdaya saing dan berjiwa kompetitif.

Pada tahun ini Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menyelenggarakan Kompetisi Standardisasi Nasional (KSN) 2022 untuk siswa/i tingkat SMA/SMK. BSN telah membuka pendaftaran peserta untuk mengirimkan esainya sejak Mei 2022. Setelah melalui seleksi awal, terpilihlah 10 tim dari 6 sekolah yang berhak maju ke tahap wawancara yang dilaksanakan pada Rabu (29/6/2022) secara daring. Adapun, kesepuluh tim tersebut adalah dari MAN Insan Cendekia Gorontalo, SMA Narada, SMA Bina Tunas Bangsa, SMA Katolik Santu Petrus Pontianak, MAN 7 Jakarta, dan SMAN 8 Bandung.

KSN 2022 mengangkat tema “Ketidaknyamanan Hidup tanpa Standar”, dengan sub tema “Standardisasi pada Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Baterai Kendaraan Listrik”. Sub tema kompetisi ini mencakup standardisasi mengenai cara pemakaian baterai yang baik, material yang digunakan, metode pengisian daya, metode pemusnahan limbah baterai dan sebagainya yang dapat mengurangi limbah baterai untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Melalui tema ini diharapkan siswa/i dapat memecahkan masalah dan mengaitkannya dengan standar dalam mengelola dan memanfaatkan limbah baterai listrik.

Dalam tahap ini, masing-masing tim memaparkan esai yang telah mereka susun dan juga menjawab pertanyaan dari dewan juri. Adapun, dewan juri terdiri dari Y. Kristianto Widiwardono dari Badan Standardisasi Nasional; Purwowibowo dari Badan Riset dan Inovasi Nasional; Anggono Wijaya dari PT. Pupuk Kaltim; Wahidin Wahab dari Universitas Tarumanagara; dan Abdul Ghofar dari WALHI.

Plt. Kepala Pusat Pengembangan SDM Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Gufron Zaid berharap dalam tahap wawancara dari KSN ini dapat terjadi dialog yang menarik antara peserta dengan dewan juri dan dapat memunculkan ide-ide dan inovasi yang menarik.

Dari tahap wawancara ini kemudian akan ditentukan 3 pemenang (Tim) KSN 2022. Ketiga pemenang tersebut akan mewakili Indonesia dalam ajang 17th International Standards Olympiad 2022 yang diselenggarakan oleh Korean Standards Association (KSA) pada bulan Agustus 2022.(Tyo-Humas)

 

Galeri Foto: KSN 2022: Tampilkan Inovasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Baterai Kendaraan Listrik