Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Disperindagkop Kaltim gelar sosialisasi SNI Bina UMK

  • Selasa, 05 Juli 2022
  • Humas BSN
  • 832 kali

Samarinda – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim menggelar sosialisasi Standar Nasional Indonesia (SNI)  pada Produk UMKM di Kaltim.

“Sosialisasi SNI  merupakan sarana penyampaian kepada para penggiat UMK dalam menerapkan SNI dalam usahanya,” kata Triningsih Herlinawati selaku Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian di Samarinda, baru-baru ini.

Ia mengatakan, penerapan SNI Bina UMK didukung oleh pemerintah daerah, sehingga dalam proses penetapan SNI pada produk UMK dapat dilakukan dengan mudah.

Menurutnya, banyak pelaku UMK yang berfikiran  atau khawatir dalam implementasi SNI  penerapan standar yang tinggi. Padahal proses penetapan SNI Bina UMK pada produk UMK dapat dilakukan dengan mudah.

Oleh karena itu sosilisasi dilakukan agar para pelaku UKM mengetahui pentingnya produk ber SNI.

Sementara sosialisasi yang dilaksanakan Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim  bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional  dengan bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya penerapan SNI dalam meningkatkan kualitas suatu produk di era globalisasi dan perdagangan bebas.

Adapun yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut adalah Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Triningsih Herlinawati.

Acara itu juga dihadiri Plh. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Kepala Bidang Koperasi dan UKM,  Atikah,  Kepala UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang, Kepala Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Samarinda.

Kemudian  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda serta seluruh Penggiat UMK  kabupaten dan kota.(Adv/Diskominfo Kaltim)

 

Tautan berita: Disperindagkop Kaltim gelar sosialisasi SNI Bina UMK - www.daulatnews.com