Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pembukaan ISO Annual Meeting 2022: Collaborating for Good

  • Selasa, 20 September 2022
  • Humas BSN
  • 929 kali

Pertemuan tahunan The International Organization for Standardization (ISO) atau ISO Annual Meeting tahun 2022 resmi dibuka oleh The Ministry of Industry and Advanced Technology United Arab Emirates (MoIAT) pada Senin (19/9/2022) di ADNOC Business Center, Abu Dhabi - Uni Emirat Arab (UEA). Rangkaian ISO Annual Meeting dilaksanakan selama 5 (lima) hari sejak tanggal 19 hingga 23 September 2022 dimulai dengan pertemuan ISO DEVCO ke-56 dan diakhiri dengan pertemuan puncak ISO General Assembly ke-44. 

Delegasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang dipimpin oleh Kepala BSN, Kukuh S. Achmad turut hadir dalam perhelatan akbar tahunan bidang standardisasi yang tahun ini mengambil tema Collaborating for Good.

Peresmian ISO Annual Meeting 2022 yang turut disiarkan secara virtual ini, diawali sambutan dari Underscretary, Ministry of Industry and Advanced Technology United Arab Emirates, Omar Al Suwaidi. "Standardisasi berkaitan erat dengan perkembangan ekonomi kini dan masa depan. Begitu pula untuk mengevaluasi ide-ide atau gagasan baru dalam rangka mendukung inovasi berkelanjutan," ungkapnya. 

Menurut Omar Al Suwaidi, standar global menunjang berbagai negara untuk kegiatan ekspor-impor, pencegahan perubahan iklim, hingga inovasi industri dan infrastruktur, sekaligus sangat penting untuk menanggulangi berbagai tantangan ekonomi yang berkembang saat ini dan masa depan. 

ISO President, Ulrika Francke dalam pembukaan mengatakan, "ISO Strategy 2030 sejalan dengan agenda ISO London Declaration, Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 PBB juga Paris Agreement mengenai perubahan iklim yang menghasilkan Net-Zero Guideline untuk mengurangi efek Gas Rumah Kaca (GRK) yang membatasi kenaikan suhu global sampai dengan 1,5˚C." 

Sementara itu ISO Secretary-General, Sergio Mujica pada pembukaan, menjelaskan bahwa perdagangan global, perubahan iklim, perkembangan teknologi, serta generasi muda adalah diantara tema-tema seminar yang digelar pada ISO Annual Meeting 2022. 

Acara internasional yang pertama kali digelar secara hybrid di masa pandemi ini diisi dengan 47 sesi seminar, dengan 1.000 audiens hadir secara langsung dan 4.000 audiens secara daring. 

Delegasi BSN yang hadir terdiri dari Kukuh S. Achmad (Kepala BSN) selaku ketua delegasi, Hendro Kusumo (Deputi Bidang Pengembangan Standar) selaku wakil ketua delegasi, Zul Amri (Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi) dan Christine Benedicta (Sekretariat PASC). 

Seminar-seminar hybrid yang masuk dalam rangkaian acara ISO Annual Meeting 2022 diantaranya adalah Convergence of Technologies and Youth Collaboration; Has Covid launched the digital transformation of conformity assessment?; Standards development for the ‘new normal’ and the London Declaration; How international standards can help implement credible climate plans; How trade policies can support the climate agenda; Innovative solutions for water scarcity; The circular economy: going digital; The London Declaration: one year on; Trade in the age of digitalization; Resilient food systems: an innovative and sustainable approach; Future World Café; serta ISO General Assembly yang melangsungkan penunjukkan Presiden ISO baru. (PjA – Humas).