Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Menjadi Host The 9th Meeting of The ASEAN Experts Group on Metrology

  • Kamis, 29 September 2022
  • Humas BSN
  • 514 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) mendapat kehormatan menjadi tuan rumah ASEAN Experts Group on Metrology ke-9 (EGM-9). Pertemuan tahunan para ahli di bidang Metrologi pada tingkat regional ASEAN ini diselenggarakan secara daring pada Rabu (28/09/2022), dengan dihadiri oleh anggota sekretariat ASEAN dan delegasi negara-negara ASEAN, seperti: Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Pertemuan ini dibuka oleh Senior Director National Metrology Institute of Malaysia (NMIM) selaku Ketua ASEAN EGM-9, Osman Zakaria.

Plt. Deputi SNSU BSN, Zakiyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini sangat berguna bagi lembaga metrologi nasional negara-negara di ASEAN dalam mendukung ASEAN Economic Community (AEC). Hal tersebut dapat dicapai dengan menciptakan sistem metrologi yang harmonis di wilayah ASEAN sebagai fondasi awal saling pengakuan dalam hal seperti: metrologi legal, akreditasi, serta penilaian kesesuaian di kawasan pasar bebas ASEAN.

Dalam kesempatan ini, Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN selaku Wakil Ketua Terpilih ASEAN EGM-9, Ghufron Zaid membahas agenda-agenda yang menjadi prioritas.

Head, Science and Technology Division ASEAN Secretariat, Zurina Moktar membahas hasil pertemuan-pertemuan regional di tingkat ASEAN untuk memberikan ruang pertukaran informasi terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Ia juga menyatakan bahwa Sekretariat ASEAN siap memberi dukungan pendanaan untuk proposal kegiatan yang diusulkan melalui EGM.

Agenda pertemuan kemudian diikuti dengan pemberian informasi terkini dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing delegasi berdasarkan prakarsa yang dinaungi oleh Roadmap dan Rencana Implementasi EGM. Prakarsa ini melingkupi pengembangan sumber daya manusia, peningkatan implementasi sistem manajemen mutu, inisiasi penyelenggaraan uji banding internasional, serta peningkatan pengakuan internasional terkait kemampuan lembaga metrologi nasional. Selain itu dalam pertemuan ini juga membahas peran metrologi di masa COVID-19 serta membahas proyek dan rencana kerja EGM sampai tahun 2025. (AF,MHH,MRI-SNSUTK/ed:Humas)