Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Babak Belur Dihajar 'Covid' Saat Ini Momentum Sektor Pariwisata Bangkit

  • Rabu, 26 Oktober 2022
  • 1344 kali

 

 

TRIBUNSUMSEL.COM - Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak ketika terjadi pandemi Covid-19.

Dampak Pandemi menyebabkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata, rumah makan, dan penginapan turun drastis.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad mengatakan penerapan standardisasi menjadi salah kunci memulihkan pariwisata.

Karena dengan standardisasi, wisatawan bisa diyakinkan kembali untuk berkunjung dan pendapatan dari sektor pariwisata kembali meningkat.

"Bulan Mutu Nasional tahun 2022 menjadi momentum strategis untuk mendorong sektor pariwisata menerapkan standardisasi, " katanya saat kegiatan Bulan Mutu Nasional 2022 di Palembang, Rabu (26/10).

Kukuh mengatakan standardisasi dapat menjadi jembatan untuk membantu pelaku bisnis sektor pariwisata untuk menghadapi perubahan dan menjawab tantangan dari masyarakat akan kebutuhan keamanan dan kesehatan, serta memberikan kepastian dan jaminan kepada masyarakat sebagai penikmat wisata, sehingga industri pariwisata dapat kembali menjadi pemberi kontribusi perekonomian yang menjanjikan.

“BSN sendiri telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 9042:2021 Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Tempat Penyelenggaraan dan Pendukung Kegiatan Pariwisata (CHSE). Adapun, SNI CHSE ini bersifat voluntary atau sukarela. Namun demikian, SNI ini sebagai piranti penting yang diperlukan untuk membangkitkan sektor parekraf,” ujar Kukuh.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru saat membuka BMN 2022. mengapresiasi Bulan Mutu Nasional tahun 2022 di Palembang.

Gubernur menyadari dampak dari pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian Sumatera Selatan terdampak, sehingga menjadi kewajiban dari Pemprov Sumsel untuk pulih lebih capat dan bangkit lebih kuat.

“Potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang potensial di Sumatera Selatan, kami berdayakan dan gerakkan secara komprehensif sehingga perekonomian Sumatera Selatan kembali tumbuh dan meningkat lebih baik” ungkap Herman.

(Siemen Martin)

 

Sumber: https://sumsel.tribunnews.com/2022/10/26/babak-belur-dihajar-covid-saat-ini-momentum-sektor-pariwisata-bangkit