Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Inisiasi Pengembangan LSPro Komoditas Pertanian, BSN Gandeng BSIP Sulteng

  • Selasa, 14 Maret 2023
  • 929 kali

Guna meningkatkan daya saing produk unggulan daerah, khususnya komoditas pertanian, Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali melakukan audiensi dengan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Sulawesi Tengah secara daring pada Senin (13/03/23).  Adapun, tujuan audiensi ini adalah untuk menginisiasi pengembangan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Fasilitasi LPK BSN, Andry Ridhya Prihikmat menyampaikan potensi pengembangan LPK jika dilihat dari kacamata produk unggulan daerah berdasarkan Rencana Induk Pengembangan Industri Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 s.d 2038 serta UMKM binaan BSN

Menurut Andry, untuk mengakomodir kebutuhan pelaku usaha akan penerapan SNI produk unggulan daerah, maka diperlukan LPK terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang mampu menguji serta melakukan sertifikasi. Inilah yang menjadi urgensi perlu tumbuhnya LPK baru (terutama LSPro), khususnya di wilayah Sulawesi Tengah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BSIP Sulawesi Tengah Abdul Wahab yang didampingi segenap jajarannya menyambut baik kegiatan yang dilakukan BSN. “Saat ini, BSIP Sulawesi Tengah masih akan mempertimbangkan terkait usulan BSN untuk menginisiasi terbentuknya LSPro dengan ruang lingkup komoditas sembari berkoordinasi dengan Kementan di Jakarta,” pungkas Abdul. (FLPK/ red: nda-humas).