Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemudik yang Menggunakan Kendaraan Pribadi, Pastikan Produk Pendukung Ber-SNI

  • Rabu, 19 April 2023
  • 1214 kali

 

RADARSOLO.COM – Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada Rabu (19/4/2023). Bagi pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, penting untuk memastikan kendaraan dan kelengkapannya aman.

“Kita perlu bijak dalam mempersiapkan mudik, agar momen berkumpul bersama keluarga dapat menjadi momen bahagia. Salah satu hal terpenting adalah keselamatan dalam berkendara dengan memastikan kendaraan layak jalan, kelengkapan keselamatan dipenuhi, serta memastikan produk tertentu ber-SNI,” ungkap Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Bagi pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, atau pengusaha yang mengoperasikan angkutan umum, wajib mengecek kembali kondisi ban yang digunakan.

Setiap ban sepeda motor atau mobil yang ber-SNI harus memiliki identitas penandaan yang memuat berbagai informasi. Di antaranya petunjuk posisi batas keausan ban dan kode produksi tahun pembuatan.

“Pemudik kendaraan pribadi atau operator angkutan umum dapat mengecek kondisi ban dengan merujuk pada petunjuk tersebut,” sambungnya.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kukuh mengingatkan agar selalu menggunakan helm ber-SNI. Penting untuk menjamin keamanan penggunanya. Sebab, helm ber-SNI telah diuji di laboratorium dengan berbagai metode. Mulai dari uji penyerapan kejut, uji penetrasi, uji efektifitas sistem penahan, uji kekuatan sistem penahan dengan tali pemegang, uji pelindung dagu, sampai uji sifat mudah terbakar.

“Agar perjalanan semakin nyaman, pemudik juga wajib menyiapkan fisik dan kesehatan yang baik sebelum melakukan perjalanan mudik. Bagi yang mudik masih saat Ramadan, pastikan sahur dan berbuka puasa dengan makanan yang sehat. Jika mengkonsumsi biskuit dan air mineral dalam kemasan, pastikan produknya ber-SNI,” imbuhnya.

Kukuh menambahkan agar selama di kampung halaman tetap aman dari bahaya kebakaran seperti lupa mematikan kompor atau listrik. Pastikan produk dan instalasi kelistrikan yang digunakan sudah sesuai SNI. Masyarakat dapat berkonsultasi dengan pihak yang berwenang seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara), terkait dengan instalasi kelistrikan di rumah.

“Kita sering mendengar berita musibah kebakaran, yang disinyalir salah satu penyebabnya adalah korsleting listrik. Untuk itu, mari kita gunakan alat kelistrikan yang sudah ber-SNI. Misalnya kabel listrik, saklar lampu, hingga lampu bohlam. Kemudian, sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk melepas alat listrik dari stop kontak,” tandasnya. (aya/nik/dam)

 

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/ekonomi/19/04/2023/pemudik-yang-menggunakan-kendaraan-pribadi-pastikan-produk-pendukung-ber-sni/

 

Artikel terkait:

  1. https://nasional.kontan.co.id/news/bsn-mudik-aman-dengan-produk-sni-1
  2. https://oohya.republika.co.id/posts/211793/banyak-kebakaran-selama-ramadhan-selama-mudik-pastikan-menggunakan-produk-ber-sni
  3. https://surabaya.inews.id/read/285811/agar-mudik-aman-ingat-sni?
  4. https://makassar.antaranews.com/berita/476241/bsn-sosialisasikan-mudik-aman-sesuai-sni
  5. https://infopublik.id/kategori/idulfitri-1444-h/733722/mudik-aman-dengan-produk-ber-sni
  6. https://koranpelita.com/2023/04/19/bsn-ingatkan-masyarakat-gunakan-produk-ber-sni-selama-perjalanan-mudik/
  7. https://www.topbusiness.id/76062/mudik-aman-dengan-sni.html
  8. https://technology-indonesia.com/teknologi-a-z/umum/mudik-aman-dengan-produk-ber-sni/
  9. https://thr.kompasiana.com/nengsari/6440f896a7e0fa315618a6d2/mudik-aman-dengan-sni
  10. http://ratalnews.com/2023/04/18/mudik-aman-dengan-sni/
  11. https://menara62.com/momen-idulfitri-bsn-imbau-masyarakat-gunakan-produk-ber-sni/
  12. https://www.balipuspanews.com/kepala-bsn-imbau-pemudik-utamakan-keselamatan-dan-keamanan.html
  13. https://satunusa.id/3103/kepala-bsn-mudik-aman-dengan-produk-ber-sni/?utm_source=whatsapp&utm_medium=organic_share&utm_campaign=Web_Button
  14. https://5w1hindonesia.id/mudik-lebaran-2023-bsn-imbau-masyarakat-gunakan-produk-ber-sni/
  15. https://suryakepri.com/2023/04/19/mudik-aman-dengan-sni/