Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Award Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Kita

  • Selasa, 30 Mei 2023
  • 527 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengajak organisasi/perusahaan di seluruh Indonesia untuk mengikuti SNI Award 2023. Melalui ajang ini, organisasi peraih SNI Award akan menjadi role model penerap Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi organisasi lainnya. SNI Award juga menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas dan daya saing bangsa Indonesia.

Analis Standardisasi Ahli Madya BSN Tintin Prihatiningrum menyampaikan bahwa SNI Award merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah kepada organisasi penerap SNI.

“Harapannya melalui SNI Award, organisasi peraih SNI Award akan menjadi role model penerap SNI yang sesungguhnya. Sehingga menjadikan peraih SNI Award menjadi benchmark bagi penerap SNI lainnya,” ujar Tintin saat membuka Bimbingan Teknis Pengisian Kuesioner SNI Award bersama klien-klien Lembaga Sertifikasi Produk Qualis Indonesia pada Senin (29/5/2023) secara daring.

Penilaian SNI Award, tambah Tintin, dilakukan oleh dewan juri yang netral dan tidak memihak siapapun. SNI Award sendiri tidak memungut biaya apapun. Peserta dapat melaporkan melalui sistem LAPOR kepada BSN jika ada yang menarik pungutan biaya.

Direktur PT Qualis Indonesia Erwin Rinaldi mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini BSN, sudah sepantasnya menerbitkan standar mutu untuk menjaga dan melindungi masyarakat dari serbuan produk yang beredar di Indonesia.

“Maka, mari bersama BSN kita semua menjadikan standar sebagai budaya bangsa, serta sebagai acuan memproduksi suatu barang,” kata Erwin.

Erwin pun mengajak organisasi/perusahaan penerap SNI untuk mengikuti SNI Award. “SNI Award meningkatkan kualitas dan daya saing kita. Menjadi sarana promosi bagi masyarakat Indonesia, tapi juga sasaran pasar produk kita di luar negeri,” tambahnya.

Analis Standardisasi Ahli Muda BSN Chalid Alonto dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa tahun ini terdapat 12 Kategori SNI Award 2023, yaitu sebagai berikut:

Kategori Organisasi Skala Besar:

1.Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 2. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika,

3. Produk Sektor Agro dan Pariwisata,

4. Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik;

Kategori Organisasi Skala Menengah:

5. Produk Sektor Kimia, Farmasi, Kesehatan, Tekstil, Energi dan Sumber Daya Mineral, 6. Produk Sektor Logam, Mesin, Transportasi dan Elektronika,

7. Produk Sektor Agro dan Pariwisata

8. Jasa lainnya seperti Keuangan dan Logistik

Kategori Organisasi Kecil:

9. Barang

10. Jasa

Kategori Organisasi Pendidikan:

11. Pendidikan Tinggi

12. Pendidikan Dasar dan Menengah

Organisasi/perusahaan, lanjut Alonto, dapat mendaftarkan diri sesuai kategori yang tersedia. Saat ini, masih terbuka kesempatan bagi organisasi/perusahaan untuk ikut, sebab periode pendaftaran masih terbuka sampai 16 Juni 2023.

Lead Evaluator SNI Award Nurasih Suwahyono menjelaskan bahwa kriteria penilaian dalam SNI Award meliputi kepemimpinan; strategi; pelanggan; manajemen sumber daya; operasi; pengukuran, analisis dan peningkatan kinerja; serta hasil-hasil.

Dalam proses penilaiannya, SNI Award menggunakan pendekatan ADLI (Approach, Deployment, Learning, Integration) dan LeTCI (Level, Trend, Comparation and Integration). Output dari penilaian ini akan dinotifikasi dalam bentuk strength dan Opportunity for Improvement (OFI) guna pemberian angka atau skor untuk penghargaan berdasarkan kategori perunggu, perak, emas, maupun platinum.

Nurasih menyarankan bagi peserta untuk menyampaikan data pendukung sebanyak dan selengkap mungkin. “Aspek Hasil-hasil ada data pembandingnya. Untuk aspek Operasi disini buktinya misalnya diagram alur SNI mana saja yang diterapkan, sistem manajemen pengendalian operasi yang diterapkan. Nilainya bisa cukup tinggi,” kata Nurasih.

Nurasih berharap organisasi/perusahaan aktif mendaftar. Sebab, banyak manfaat yang akan diperoleh dari SNI Award. “Kalau lolos desk evaluation, akan dikunjungi secara online dan onsite evaluation, dapat assesment secara gratis dan diberi umpan balik gratis untuk perbaikan,” ungkap Nurasih.

Pendaftaran SNI Award 2023 dapat dilakukan melalui tautan berikut: s.id/DaftarSNIAWARD2023. Kelengkapan dokumen dapat diunduh pada tautan berikut: s.id/DokSNIAWARD2023. Batas akhir pendaftaran dan penyerahan dokumen kelengkapan SNI Award 2023 diperpanjang sampai dengan tanggal 16 Juni 2023.(ria-humas)