Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Menerima Kunjungan dari PT Multimas Nabati Asahan

  • Jumat, 14 Juni 2024
  • Humas BSN
  • 1757 kali

 

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan dari PT. Multimas Nabati Asahan – Serang pada Rabu (12/6/2024) di Gedung 420, SNSU BSN Tangerang Selatan.

Pada kunjungan ini, perwakilan PT Multimas Nabati Asahan dipimpin oleh Head of QC Department PT Multimas Nabati Asahan, Erna Nainggolan disambut hangat oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Deputi Bidang SNSU, Lucky Feminine didampingi Tim Layanan SNSU, Achmad Fauzi.

Lucky dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini SNSU BSN memiliki 10 laboratorium SNSU yaitu panjang; massa; akustik dan vibrasi; biologi; suhu; fotometri dan radiometri; kelistrikan; waktu dan frekuensi; kimia; serta radiasi pengion. Selanjutnya, SNSU BSN menyediakan layanan yaitu pengukuran, kalibrasi, pembelian Bahan Acuan, dan uji profisiensi.

“Seluruh layanan SNSU ini dilakukan melalui satu sistem yaitu Sentra Pelayanan Metrologi Terpadu (SPARTA),” ujar Lucky. SPARTA merupakan sistem pelayanan berbasis web yang dikembangkan oleh Laboratorium Nasional SNSU-BSN. Selain itu, SNSU BSN juga terbuka bagi stakeholder yang berminat untuk bekerja sama dalam pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang kalibrasi melalui penyelenggaraan pelatihan.

Sementara itu Erna mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresisasi SNSU BSN yang telah memberikan kesempatan untuk berkunjung. Melalui kunjungan ini diharapkan dapat menambah keilmuan dan wawasan mengenai pengelolaan SNSU dan proses kalibrasi di Laboratorium SNSU BSN.

“Diskusi dan melihat bagaimana sebenarnya metode kalibrasi yang dilakukan, sehingga mengetahui keabsahan pengukuran yang dilakukan oleh SNSU BSN,” kata Erna.

Pada kesempatan ini, Tim PT Multimas Nabati Asahan diajak untuk melihat secara langsung pengelolaan SNSU di Laboratorium SNSU Suhu dan Laboratorium SNSU Kelistrikan. Di Laboratorium SNSU Suhu, Tim Multimas berdiskusi dengan Metrolog Ahli Muda BSN, Melati Azizka Fajria dan Metrolog Ahli Muda BSN, Dwi Larassati. Selanjutnya di Laboratorium SNSU Kelistrikan, Tim Multimas berdiskusi dengan Metrolog Ahli Madya BSN, Agah Faisal.(ria-humas)

 

Galeri foto: SNSU BSN Menerima Kunjungan dari PT Multimas Nabati Asahan