Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Lolos Seleksi Beasiswa LPDP, ASN BSN berbagi Tips Jitu

  • Jumat, 14 Juni 2024
  • Humas BSN
  • 2484 kali

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan di Indonesia, termasuk ASN Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Ika Arlina Prabowo dari Direktorat Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian (SPSPK) BSN, berbagi pengalamannya saat menjalani proses seleksi Beasiswa LPDP, “Target Awardee LPDP Batch 1 dan 2 tahun 2024 diestimasikan sebanyak 11.000 orang,” ungkapnya dalam sharing session Become an LPDP Awardee, pada Jum’at (14/6/2024) yang digelar secara daring.

“Saat menyusun proposal penelitian agar dideskripsikan yang relevan dengan tugas dan fungsi pekerjaan sehari-hari,” tuturnya berpesan kepada Audiens dari lintas Direktorat BSN.

Keuntungan bila mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) di awal, sambungnya, calon Awardee LPDP dapat melalui prosesnya tanpa seleksi Bakat Skolastik.

Sementara itu, pada saat calon Awardee melalui proses seleksi substansi yang perlu diperhatikan adalah perkenalan dengan Bahasa Inggris, tes kepribadian, pembuatan essay rencana studi juga pasca studi termasuk rencana kontibusi terhadap Nusa dan Bangsa, imbuh Ika.

Dari keseluruhan proses seleksi ini, yang paling penting adalah materi essay yang mendeskripsikan materi berkaitan dengan pekerjaan dihubungkan dengan alasan mengambil program studi juga pilihan universitas yang dituju.

“Mantapkan niat dan motivasi,” tutur Rizki Irawati Septiani, Awardee LPDP asal BSN yang saat ini sedang menempuh studi Program Doktoral di University of British Columbia, Kanada.

Senada dengan hal tersebut, Rita Ariyana Awardee LPDP Institut Teknologi Bandung asal BSN turut mengutarakan, untuk bisa menempuh studi baik Universitas Dalam Negeri maupun Luar Negeri dengan Beasiswa LPDP, kuncinya adalah meyakinkan Pemberi Beasiswa bahwa studi yang ditempuh dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.  (PjA – Humas)