Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat KAN Bahas Keputusan Akreditasi 72 LPK

  • Rabu, 26 Juni 2024
  • Humas BSN
  • 1160 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan Rapat KAN bulan Juni 2024 pada Rabu (26/6/2024) di Kantor BSN, Jakarta. Rapat dipimpin oleh Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dan dihadiri anggota KAN yang mewakili berbagai pemangku kepentingan akreditasi, seperti pemerintah, industri, asosiasi, profesional, dan akademisi.

Rapat KAN dilaksanakan setiap bulan untuk membahas Keputusan akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) serta isu-isu akreditasi lainnya. Rapat KAN kali ini membahas 72 dokumen pengajuan akreditasi, baik pengajuan asesmen awal (21 dokumen), asesmen ulang (24 dokumen), perluasan ruang lingkup (26 dokumen), asesmen ulang sekaligus perluasan ruang lingkup (1 dokumen).

Dalam kesempatan ini, Donny menyampaikan bahwa KAN telah melalui Asia Pacific Accreditasion Cooperation (APAC) Peer Evaluation 2024 pada akhir Mei 2024 lalu, dimana Kedeputian Bidang Akreditasi dievaluasi oleh Lembaga-Lembaga akreditasi di dunia untuk mempertahankan status saling pengakuan dari APAC.

KAN telah melalui evaluasi oleh 12 evaluator dari berbagai negara untuk 16 skema akreditasi selama hampir dua minggu. “Alhamdullilah, Peer Evaluation APAC berjalan lancar dan tidak ada temuan yang cukup berarti atau memerlukan pembahasan lebih lanjut,” Ungkap Donny.

Sebelumnya, hingga Awal Juni 2024 ini, KAN telah mengakreditasi sejumlah 3.265 LPK dengan 2.487 LPK di antaranya yang masih berstatus terakreditasi aktif. (Put – Humas)