Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Paling Unggul di ASEAN, Infrastruktur Mutu Indonesia Duduki Peringkat Nomor 27 Dunia

  • Jumat, 05 Juli 2024
  • Humas BSN
  • 507 kali

Global Quality Infrastructure Index (GQII) yang merupakan program yang diinisiasi oleh lembaga konsultan independen, Mesopartner dan Analyticar, untuk melakukan riset dan mendiseminasikan data tentang infrastruktur mutu negara-negara di dunia, mempublikasikan penelitiannya pada Bulan Mei 2024 terkait Infrastruktur Mutu di dunia, termasuk peringkatnya bagi 185 negara di seluruh dunia.

Dalam publikasinya, Infrastruktur Mutu Indonesia berhasil menduduki peringkat nomor 27 di dunia. Sementara itu, Peringkat setiap pilar infrastruktur mutu Indonesia berdasarkan riset GQII 2023, di bidang Metrologi berada di posisi 38, di bidang Standardisasi berada di posisi 37, dan di bidang Akreditasi dapat mencapai peringkat 10, dari 185 negara di dunia.

Apabila dibandingkan dengan negara-negara G20, Infrastruktur Mutu Indonesia berada pada posisi ke-17, selaras dengan peringkat PDB Indonesia yang juga berada pada posisi ke-17. Demikian pula 3 negara dengan peringkat Infrastruktur Mutu Nasional tertinggi di dunia, yaitu Jerman, pada peringkat 1 mewakili Uni Eropa, China pada peringkat 2, dan Amerika Serikat pada peringkat ke-3 selaras dengan 3 negara yang memiliki PDB terbesar di dunia, yaitu Amerika Serikat pada peringkat ke-1, China pada peringkat ke-2, dan Uni Eropa pada peringkat ke-3. Keselarasan peringkat ini menunjukkan bahwa tingkat kemajuan Infrastruktur Mutu Nasional memiliki korelasi langsung dengan PDB satu negara.