Badan Standardisasi Nasional
 
  • A
  • A

Tentang ULIP BSN

  • Selasa, 27 Juli 2021

TENTANG ULIP

 

Unit Layanan Informasi Publik Badan Standardisasi Nasional (ULIP BSN) merupakan unit kerja non struktural yang melakukan kegiatan penyelengaraan pelayanan publik di lingkungan BSN. Tugas ULIP merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mempunyai tanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat atau badan hukum.

BSN mengeluarkan Keputusan Kepala Badan Standardisasi Nasional Nomor 338/KEP/BSN/8/2020 tentang Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Petugas Informasi di lingkungan Badan Standardisasi Nasional. Selain itu, dalam rangka menyelenggarakan pelayanan publik yang baik dan optimal, BSN menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa pusat layanan informasi, fasilitas pendukung seperti layanan petugas pelaksana layanan informasi, produk pelayanan, serta menetapkan waktu layanan informasi.  

 

VISI :

 

Terciptanya layanan informasi standardisasi yang cepat, tepat dan transparan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku

 

MISI :

 

  1. Meningkatkan sistem layanan informasi publik
  2. Membangun kualitas layanan publik sesuai dengan norma yang berlaku
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan informasi publik

 

MOTTO:

 

SIMPATIK (Sederhana, Informatif, Mudah, Profesional, Akuntabel, Transparan, Ikhlas)

 

FILOSOFI

 

Sederhana

Prosedur permohonan informasi sederhana

Informatif

Informasi yang diberikan merupakan sesuatu yang patut diketahui masyarakat

Mudah

Publik dapat memperoleh informasi secara mudah sesuai dengan prosedur yang berlaku

Profesional

Pelayan Informasi melayani dengan professional

Akuntabel

Informasi yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan

Transparan

Layanan informasi publik bersifat terbuka, mudah dan

dapat diakses oleh semua pihak yang membutuhkan

Ikhlas

Melayani dengan setulus hati

 

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PPID UTAMA

  1. Mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh informasi;
  2. Mengkoordinasikan pengumpuian seluruh informasi secara fisik dari seluruh unit kerja yang meliputi:                                                                                                                                                                                       a. Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;                                                               b. Informasi yang wajib tersedia setiap saat;                                                                                                           c. Informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.
  3. Mengkoordinasikan pendataan informasi dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daflar Informasi Publik;
  4. Mengkoordinasikan pengumuman informasi yang wajib diumumkan secara berkala melalui media yang efektif;
  5. Mengkoordinasikan pemberian informasi yang dapat diakses oleh publik dengan Petugas Informasi dalam hal ini sekretariat;
  6. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam pasal 19 Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan;
  7. Menyertakan alasan tertulis pengecualian informasi secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan informasi ditolak;
  8. Mengkoordinasikan penghitaman atau pengaburan informasi yang dikecualikan beserta alasannya kepada Petugas Informasi dalam hal ini secretariat;
  9. Mengkoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur yang berlaku;
  10. Berkoordinasi dengan atas PPID Utama guna penanganan keberatan dan sengketa informasi public; dan
  11. PPID Utama bertanggungjawab kepada Atasan PPID Utama dalam melaksanakan

PERATURAN MENGENAI KETERBUKAAN INFORMASI

PUBLIK

RANCANGAN PERATURAN MENGENAI KETERBUKAAN

INFORMASI PUBLIK

 

 

­