Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

FGD Pembahasan Roadmap Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian

  • Rabu, 27 November 2019
  • Humas BSN

Dalam rangka mendukung pertumbuhan industri nasional dan daya saing produk Indonesia di pasar global, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas Roadmap Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) pada rabu (27/11/2019) di Jakarta. Kegiatan yang dihadiri oleh pimpinan BSN dan perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini dilaksanakan untuk memformulasikan Rencana Induk (roadmap, milestone, serta rencana pencapaian sasaran) SPK tahun 2020 - 2030 sekaligus untuk meningkatkan peran dan kontribusi SPK.

Melakukan kuantifikasi kelebihan serta kerugian terkait penerapan dan tidak diterapkannya SPK, menjadikan output dari roadmap BSN 2020 - 2030 menjadi sangat bermanfaat secara keseluruhan.

Terkait peran aktif BSN di forum-forum internasional, BSN memerlukan strategi untuk memperlebar peluang keberhasilan BSN mengenai solusi hambatan dagang maupun keselarasan pemberlakuan SPK di negara-negara lain.

Roadmap BSN dapat menjadi rujukan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta rujukan lembaga-lembaga lain yang memiliki laboratorium-laboratorium acuan, serta kajian mengenai infrastruktur SNSU kedepan.