Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pengenalan Publikasi Internasional Baru Mengenai Persyaratan Kompetensi Lembaga Validasi dan Verifikasi, ISO/IEC 17029:2019

  • Senin, 09 Desember 2019
  • Humas BSN

Menghadapi tantangan yang semakin meningkat, Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) perlu untuk terus mengikuti perkembangan standar internasional. Organisasi Standar Internasional (ISO) telah menetapkan suatu standar baru yaitu ISO/IEC 17029:2019 Conformity assessment — General principles and requirements for validation and verification bodies atau persyaratan kompetensi lembaga validasi dan verifikasi.

Standar internasional yang dipublikasikan pada Bulan Oktober 2019 ini, diperkenalkan oleh BSN di lingkup internal untuk memperkuat pemahaman personel BSN dan KAN mengenai persyaratan kompetensi lembaga validasi dan verifikasi.

Personel BSN dan KAN harus terus memahami perkembangan-perkembangan terbaru dari standar internasional.

Berbicara mengenai validasi dan verifikasi, Kasubdit Lembaga Inspeksi, Lembaga Verifikasi dan Validasi BSN, Esti Premati menyampaikan materi ISO/IEC 17029:2019.

Konteks dari proses validasi dan verifikasi adalah sama dengan lembaga penilaian yang lain, yang membedakan adalah tujuan serta sifat yang akan diklaim oleh organisasi atau klien yang bisa dalam bentuk pernyataan.