Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN bersama JISC, JSA, dan ISO Gelar Workshop Standardisasi Internasional untuk ASEAN

  • Kamis, 09 Januari 2020
  • Humas BSN

Manfaat dari standar, dewasa ini kian meningkat, terutama dalam proses perdagangan internasional. Standar membantu produsen untuk memproduksi barang dan jasa secara efisien. Disaat bersamaan, standar juga menjaga kualitas serta keamanan barang dan jasa yang diproduksi bagi konsumen. Untuk itu, Badan Standardisasi Nasional (BSN) berkolaborasi dengan Japanese Industrial Standards Committee (JISC), Japanese Standards Association (JSA), serta International Organization for Standardization (ISO), menyelenggarakan seminar mengenai pengembangan standardisasi internasional untuk ASEAN di Hotel Millenium, Jakarta pada kamis (9/1/2020).

ISO bekerja sama dengan NSB, untuk meningkatkan kesadaran internasional perihal standar yang dapat menjadi tool untuk meningkatkan perdagangan internasional.

Organisasi standar internasional seperti ISO dan International Electrotechnical Commission (IEC) mendorong untuk mengembangkan standar bersama stakeholders untuk mengatasi berbagai hambatan dagang antar negara.

Harmonisasi standar akan memungkinkan akses perdagangan yang lebih luas di kawasan ASEAN juga Asia Pasifik, serta, meningkatkan konsolidasi negara-negara ASEAN.