Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi: Dukung Perlindungan dan Daya Saing

  • Rabu, 31 Maret 2021
  • Humas BSN

Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) memiliki peranan penting dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat baik dari aspek kesehatan, keselamatan, dan keamanan, juga untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan daya saing kegiatan ekonomi di Indonesia. Demikian disampaikan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh S. Achmad dalam sambutannya pada acara Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi yang diselenggarakan oleh KAN pada Rabu (31/3/2021) di Pesona Alam Resort & Spa, Bogor, Jawa Barat.

Direktur Akreditasi Laboratorium BSN, Fajarina Budiantari, menyampaikan terkait perkembangan terkini di bidang akreditasi.

Penjelasan tentang kalibrasi dan pemeliharaan peralatan oleh Asesor Kepala KAN, Dede Erawan.

Penjelasan tentang jaminan mutu hasil analisa laboratorium yang disampaikan oleh Asesor Kepala KAN, Nana Suryana.

Selama pandemi Covid-19, KAN juga menerbitkan kebijakan sebagai antisipasi dampak pandemi Covid-19 terhadap proses akreditasi dan penilaian kesesuaian.

Pertemuan dihadiri oleh sekitar 60 peserta dari berbagai laboratorium penguji, laboratorium kalibrasi, laboratorium medik/klinik, dan penyelenggara uji profisiensi di kawasan Depok, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.