Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Jamin Validitas Pengukuran Termometer Klinik

  • Rabu, 16 Juni 2021

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini memerlukan penanggulangan dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan, termasuk diantaranya melalui pengukuran suhu tubuh sebelum beraktivitas menggunakan termometer klinik. Dalam penerapannya, Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia, menjamin kualitas pengukuran alat kesehatan (alkes) melalui Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU).

 

“Alat kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis pasien harus terkalibrasi untuk mendapatkan data yang valid. Keterterlusuran pengukuran memberikan keyakinan dan jaminan bahwa sebuah hasil pengukuran yang didapatkan sesuai dengan standar nasional dan bahkan internasional,” demikian diungkapkan oleh Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid dalam acara Sosialisasi Metode dan Sistem Kalibrasi Termometer Klinik yang diselenggarakan BSN dan Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) Surakarta, Rabu (16/6/2021), di Surakarta, Jawa Tengah.

SNSU BSN sebagai National Metrology Institute (NMI) Indonesia memiliki peran dalam menjamin validitas pengukuran.

Kepala Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan Surakarta, Rohmadi menyampaikan bahwa jaminan kualitas pengukuran alat kesehatan dinilai penting, apalagi alat kesehatan yang digunakan di rumah sakit perlu terkalibrasi.

Acara Sosialisasi Metode dan Sistem Kalibrasi Termometer Klinik diikuti oleh Perwakilan dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Laboratorium, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan kalibrasi termometer klinik, BSN dan LPFK Surakarta menandatangani nota kesepahaman yang dilaksanakan dalam kesempatan yang sama.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan kalibrasi termometer klinik, BSN dan LPFK Surakarta menandatangani nota kesepahaman yang dilaksanakan dalam kesempatan yang sama.

­