Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

ISO/DEVCO ke-55 Gali Peluang Digitalisasi Negara Berkembang dengan Standardisasi

  • Jumat, 17 September 2021
  • Humas BSN

Jelang acara tahunan ISO General Assembly Meeting, International Organization for Standardization (ISO) menggelar Sidang ISO/DEVCO ke-55 pada 16-17 September 2021 secara virtual, yang merupakan forum pertemuan anggota ISO dari negara berkembang. Sidang ISO/DEVCO ke-55 dibuka oleh Ketua ISO/DEVCO, Mojdeh R. Tabari, pada Kamis (16/9/2021).

Pada Sidang ISO/DEVCO tahun ini terdapat tiga topik utama yaitu Gali peluang serta atasi tantangan digitalisasi bagi negara berkembang melalui penerapan standardisasi; Partisipasi anak muda sebagai generasi penerus di bidang standardisasi; dan Peranan standardisasi untuk mendukung penyusunan kebijakan yang lebih efektif.

Dalam rangkaian sidang ISO/DEVCO ke-55 juga dilaksanakan dua breakout session terpisah yaitu Standards Effective Regulation dan The Next Generation in Standards yang dikuti oleh peserta sidang ISO/DEVCO secara virtual.

Dalam breakout session Standards Effective Regulation difokuskan pada pentingnya standar internasional untuk memenuhi tujuan kebijakan publik termasuk pemenuhan terhadap Sustainable Development Goals (SDGs).

Breakout session The Next Generation in Standards menekankan pentingnya partisipasi generasi muda dalam mendukung kegiatan pengembangan standar secara kreatif dan inovatif.

Partisipasi Generasi Muda diharapkan dapat menjamin keberlangsungan sistem dalam peningkatan diversitas dalam komunitas Komite Teknis serta berkontribusi terhadap strategi ISO yang ke-6 yaitu “All Voices Heard”.