Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Upayakan Peningkatan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia

  • Kamis, 16 Mei 2024
  • Humas BSN

Kegiatan ekspor merupakan salah satu pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi negara kita. Namun, dalam menghadapi pasar global yang semakin kompleks, dibutuhkan pemahaman mendalam mengenai berbagai aspek terkait, serta strategi yang adaptif, responsif dan kolaboratif yang dilakukan secara terintegrasi untuk mendukung peningkatan ekspor.

Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) menjadi pilar yang strategis untuk meningkatkan daya saing dalam melindungi pasar domestik, memperkuat penetrasi produk nasional terhadap pasar luar negeri, dan turut serta memberikan jaminan kepada masyarakat dalam hal keselamatan, keamanan, kesehatan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup. Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN) Zakiyah dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Strategi Peningkatan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia pada Selasa (14/5/2024) di Mercure Hotel Gatot Subroto, Jakarta.

Menurut Zakiyah, akses ekspor Indonesia ke pasar internasional masih menjadi tantangan besar, terutama dalam hal kesesuaian produk terhadap standar internasional dan persyaratan mutu lainnya.

Dalam kesempatan ini, dipaparkan berbagai informasi terkait perdagangan internasional.

Melalui FGD ini diharapkan dapat menghasilkan strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan akses pasar sehingga mendukung tujuan Pemerintah untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia.