Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pentingnya Peran Laboratorium dalam Penjaminan Mutu Hasil Kegiatan PK

  • Senin, 29 April 2024
  • Humas BSN

Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi dan Biologi (SNSU MRB) Badan Standardisasi Nasional (BSN) Wahyu Purbowasito S.W., dalam Seminar Lab Indonesia 2024 “Ensuring Conformity Assessment: The Vital Role of Laboratory and Its Design in Urban Area” pada Jumat (26/4/2024) di Jakarta, mengungkapkan kegiatan pengujian merupakan kegiatan untuk menetapkan satu atau lebih karakteristik bahan atau proses berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) atau standar lain. “Waktu laboratorium mengeluarkan hasil pengujian, yang dikeluarkan itu hasilnya harus akurat dan andal. Kemudian, hasil yang disampaikan itu mendapatkan nilai yang sebenarnya,” ungkap Wahyu.

Seminar ini juga menghadirkan narasumber Manager Project Division PT. ITS Science Indonesia Albertus Suwarno yang menyampaikan tentang bagaimana membangun dan mendesain laboratorium biologi molekuler di area perkotaan.

Sebagai informasi, Seminar Lab Indonesia 2024 “Ensuring Conformity Assessment: The Vital Role of Laboratory and Its Design in Urban Area” diselenggarakan oleh Konsorsium Bioteknologi Indonesia (KBI) bekerja sama dengan PT. ITS Science Indonesia.

Seminar dihadiri oleh pemangku kepentingan di bidang SPK dan Metrologi.

Ketua KBI, Mastur berharap melalui seminar ini dapat turut meningkatkan pengembangan laboratorium dan meningkatkan pelayanan laboratorium di Indonesia.