Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN – SIRIM Buka Potensi Kerja Sama Komprehensif Bidang SPK

  • Kamis, 12 Januari 2023
  • Humas BSN
  • 663 kali

SIRIM Berhad, yang sebelumnya dikenal sebagai Standard and Industrial Research Institute of Malaysia (SIRIM), adalah organisasi terkait mutu dan standar dari Malaysia. Pada hari Rabu, 11 Januari 2023 SIRIM Berhad telah melakukan audiensi dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) di Kantor BSN, Jakarta.

President and Group Chief Executive Officer SIRIM Berhad, Ahmad Sabirin Arshad, menyatakan bahwa kunjungan ke BSN dilakukan dalam rangka membuka potensi kerja sama komprehensif untuk mengembangkan standar dan kegiatan penilaian kesesuaian Indonesia – Malaysia. 

Rombongan SIRIM Berhad disambut oleh Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo, yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) BSN bertanggung jawab penuh di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Indonesia. BSN terus bekerja secara maksimal untuk menyediakan standar yang dibutuhkan, termasuk untuk kebutuhan perizinan berusaha berbasis risiko. Hal ini turut bermanfaat untuk keperluan ekspor produk Indonesia ke Malaysia.

Hendro melanjutkan, SIRIM Berhad yang ditunjuk untuk mengelola atau think-tank pengembangan standar di Malaysia, memiliki titik kritis kerja sama dengan BSN yaitu dalam hal pengembangan standar, penerapan standar serta kegiatan metrologi.

BSN telah banyak memiliki MoU dengan lembaga-lembaga think-tank untuk menyusun standar seperti dengan asosiasi, perguruan tinggi, dan lain-lain. Sementara itu, untuk saat ini MoU dengan lembaga standar internasional, sejauh ini masih dalam bentuk kerja sama secara umum. 

“Oleh karena itu, dalam rangka menggali potensi kerja sama BSN dengan SIRIM Berhad untuk beberapa sektor termasuk pemadam kebakaran, BSN memliki Komite Teknis 13-04 Kendaraan dan Peralatan Pemadam Kebakaran yang telah menghasilkan beberapa standar yang mengacu salah satunya pada National Fire Protection Association (NFPA),” pungkas Hendro. (PjA - Humas)

 

Galeri Foto: BSN – SIRIM Buka Potensi Kerja Sama Komprehensif Bidang SPK