Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pupuk Pemimpin Handal Masa Depan di Bidang SPK, BSN Selenggarakan SPK Talk

  • Jumat, 03 Februari 2023
  • 1162 kali

Dalam rangka menyatukan semangat sekaligus menyiapkan para pemimpin di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) Indonesia di masa mendatang, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengadakan kegiatan "SPK Talk" pada Jum'at (3/2/2023) di Gedung Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN - Puspiptek, Serpong - Tangerang Selatan. 

Saat membuka acara, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad menyampaikan bahwa BSN memiliki tugas mengawal pembangunan SDM SPK sehingga acara ini menjadi sangat penting, sebagaimana yang sering disebut Presiden mengenai bonus demografi yang cukup potensial untuk menyambut Indonesia Emas 2045. ”Oleh karena itu, acara ini akan diadakan secara reguler,” ungkap Kukuh.  

Acara "SPK Talk" diikuti oleh generasi penerus BSN di 3 (tiga) angkatan terkini, yaitu angkatan tahun 2019, 2022, dan 2023. Pada tahun 2023 ini, BSN menerima 9 (sembilan) CASN dari Politeknik Keuangan Negara STAN. 

“Alhamdulillah, bisa berkumpul dalam suasana yang sehat, bahagia, dalam rangka acara penting knowledge sharing. Acara hari ini adalah untuk menyatukan semangat kita,” ujar Kukuh. 

Acara yang bertujuan menanamkan Core Values BerAKHLAK ini juga untuk mendukung target performansi ASN BSN sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri PANRB No. 27 Tahun 2021. 

Plt. Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Standar Nasional Indonesia (SNI) perlu diketahui, dipahami, serta diterapkan oleh masyarakat luas. Untuk itu, seluruh warga BSN memiliki peranan penting untuk mengkomunikasikan mengenai manfaat SNI termasuk keuntungan yang dapat diperoleh bagi para penerapnya. 

"Perlu dibangun mindset publik bahwa salah satu keuntungan menerapkan SNI adalah meningkatkan kesempatan produk-produk Indonesia untuk masuk pasar ekspor secara global, sebagaimana Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun 2023 BSN yang fokus pada peranan SNI dalam meningkatkan daya saing bangsa," pungkas Donny.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian BSN, Arini Widyastuti menjelaskan, generasi penerus BSN diharapkan bisa memberikan inovasi-inovasi terbaiknya, yang sejalan dengan tujuan "SPK Talk" yaitu meningkatkan pemahaman SPK; meningkatkan awareness terhadap isu terkini atau tantangan yang berkaitan dengan SPK; aktualisasi kreativitas dan inovasi; meningkatkan kemampuan komunikasi; dan mempererat persaudaraan.

Berbicara mengenai Core Values BerAKHLAK, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Hukum BSN, Singgih Harjanto mengungkapkan, generasi penerus BSN agar dapat menghayati sebagai pelayan masyarakat untuk berkontribusi dalam bentuk output atau outcome yang dapat dirasakan dampaknya dengan baik secara luas.

Dalam acara yang digelar secara hybrid ini juga dipaparkan materi mengenai Pengembangan SNI dalam Mendukung Peningkatan Ekspor oleh Koordinator Kelompok Substansi Pengembangan Standar Pertanian dan Halal BSN, Nindya Malvins Trimadya. (PjA - Humas/red: arf)

 

Galeri FotoPupuk Pemimpin Handal Masa Depan di Bidang SPK, BSN Selenggarakan SPK Talk