Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indeks QI4SD, Indonesia Menduduki Peringkat 34 Dunia

  • Jumat, 10 Maret 2023
  • 3947 kali



Hasil survey tentang Indeks Infrastruktur Mutu dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan / Quality Infrastructure for Sustainable Development Index (QI4SD) yang diadakan oleh United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) pada tahun 2022, Indonesia berada di ranking 34 dari 137 negara dengan nilai indeks QI4SD untuk Indonesia adalah 56,0. Penilaian tersebut dilakukan dengan menggunakan 36 indikator.

Infrastruktur mutu adalah sistem yang berkontribusi pada tujuan kebijakan pemerintah di berbagai bidang termasuk pengembangan industri, daya saing perdagangan di pasar global, penggunaan sumber daya alam dan manusia yang efisien, keamanan pangan, kesehatan, lingkungan dan perubahan iklim. Infrastruktur mutu terdiri dari standardisasi, akreditasi, Standar Nasional Satuan ukuran (SNSU), penilaian kesesuaian, dan kebijakan-kebijakan pemerintah di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK).

Kontribusi infrastruktur mutu memberikan manfaat diantaranya meningkatkan akses pasar, memfasilitasi diversifikasi produk, dan meningkatkan peluang investasi. Selain itu, infrastruktur mutu juga meningkatkan produktivitas melalui efisiensi biaya perdagangan dengan menghindari duplikasi dalam pengujian dan inspeksi, penyederhanaan operasi, dan menghilangkan peraturan atau hambatan teknis yang dipandang tidak perlu.

Informasi lebih detail mengenai hasil Indeks QI4SD Indonesia dapat dilihat pada: s.id/QI4SDIndonesia