Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kunjungan Kerja Kepala BSN ke Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Bengkulu

  • Rabu, 15 Maret 2023
  • 828 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad selaku Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) melaksanakan kunjungan kerja ke Laboratorium Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kelas II Bengkulu pada Selasa (7/3/2023). Kukuh disambut langsung oleh Kepala SKIPM Kelas II Bengkulu, Sugeng Prayogo beserta seluruh analis penguji di Laboratorium Stasiun KIPM Kelas II Bengkulu.
Kunjungan ini dilaksanakan sebagai apresiasi atas komitmen SKIPM II Bengkulu yang telah mendapatkan akreditasi terhadap Penerapan Standar SNI ISO/IEC 17025 Persyaratan umum kompetensi Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi, untuk pengujian biologi, fisika dan kimia pada semua jenis ikan, baik itu ikan laut ataupun ikan tawar.
Peran Karantina ikan selain mengawasi hama penyakit ikan juga memfasilitasi ekspor, ini akan memberikan keuntungan bagi para pelaku UMKM, dengan adanya peningkatan kualitas produk yang didapatkan maka otomatis akan membuka pintu ekspor yang seluas-luasnya, yang berimbas pada kenaikan pertumbuhan tingkat ekonomi masyarakat sekitar.
Dalam kunjungannya ke fasilitas Laboratorium Penguji yang dimiliki oleh Stasiun KIPM II Bengkulu, Kukuh mengingatkan pentingnya pemeliharaan instrumen dan peralatan yang digunakan agar selalu memberikan hasil yang valid, diantaranya dengan program kalibrasi secara kontinyu untuk peralatan-peralatan yang memerlukan kalibrasi. (AS/Red: Arf)