Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kepala BSN Hadiri ISO CEO Forum

  • Senin, 20 Maret 2023
  • 1627 kali

Dalam rangka mengantisipasi perkembangan global yang sangat dinamis di berbagai aspek kehidupan, International Organization for Standardization (ISO) mengadakan pertemuan para kepala badan standardisasi di kawasan Asia dan Pasifik pada tanggal 14-16 Maret 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara yang bertajuk “ISO CEO Forum for Members in Asia and the Pacific” dan dihadiri oleh 21 CEO tersebut, selain ditujukan untuk saling berbagi pengalaman dan mengidentifikasi tantangan-tantangan yang sama yang dihadapi, juga membahas beberapa topik strategis untuk merespon kebutuhan stakeholder baik di level nasional, regional maupun internasional. Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad, hadir mewakili Indonesia dalam forum tersebut.

Pada sesi terkait Leadership and Management, dibahas mengenai tantangan strategis dan tantangan operasional yang dihadapi oleh masing-masing badan standardisasi. Diskusi dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal ISO, Sergio Mujica, yang datang dari Sekretariat Pusat ISO di Jenewa. Sementara itu ISO Strategy 2030 yang terdiri dari 3 goal yaitu (1) ISO Standards used everywhere, (2) Meeting global needs dan (3) All voices heard menjadi topik bahasan utama pada saat sesi Strategy and Mission. Pada sesi ini juga didiskusikan keterkaitan visi dan misi badan standardisasi peserta CEO Forum tersebut dengan ISO Strategy, terutama dalam konteks pengembangan standar nasional di masing-masing negara.   

Isu Sustainability juga dibahas dalam salah satu sesi diskusi dengan topik utama terkait dengan perubahan iklim (climate change). Seperti telah diketahui bahwa pada saat Sidang Umum ISO (ISO General Assembly) tahun 2021 di London, telah disepakati ISO London Declaration yang berisi ISO’s Climate Commitment. Pada intinya semua anggota ISO secara bersama-sama berkomitmen untuk mengembangkan dan menggunakan standar ISO untuk mendukung pengendalian perubahan iklim di masing-masing negaranya dan sekaligus berkontribusi dalam mewujudkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Pada forum tersebut Kukuh S Achmad berbagi pengalaman terkait program generasi masa depan standardisasi (Next Generation), dimana Indonesia melalui BSN dipandang cukup maju dalam melaksanakan kegiatan menyiapkan generasi muda sebagai generasi penerus pengelolaan standardisasi. Pengalaman BSN yang dibagikan di forum tersebut di antaranya mengenai pemberian mata kuliah standardisasi di berbagai perguruan tinggi, penyelenggaraan kompetisi nasional standardisasi untuk pelajar sekolah menengah dan pengenalan secara sederhana mengenai standar untuk anak-anak usia dini. Paparan tersebut mendapat apresiasi dari para peserta dan banyak yang menyatakan ingin belajar dari BSN mengenai hal tersebut. (KSA)