Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Munggahan BSN, Persiapkan Diri Raih Keberkahan di Bulan Ramadan

  • Rabu, 22 Maret 2023
  • 1165 kali

Untuk menyambut bulan suci Ramadan 1444 H, keluarga besar Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggelar tradisi munggahan pada Selasa (21/3/2023) di Auditorium Gedung 2 BSN, Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan dan juga secara daring.

Acara munggahan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan saritilawah oleh pegawai BSN. Selanjutnya, Kepala BSN, Kukuh S. Achmad mengawali munggahan dengan membacakan penggalan puisi dari KH A. Mustofa Bisri yang berjudul “Nasihat Ramadan (buat Mustofa Bisri)”.

Dalam kesempatan ini, Ustaz Rahmat Hidayat menyampaikan tentang bagaimana mempersiapkan diri untuk meraih keberkahan di bulan Ramadan. Ustaz Rahmat menuturkan, penting bagi kita untuk menjaga disiplin waktu, terutama ketika kita memasuki bulan Ramadan. Setidaknya ada empat hal fundamental yang perlu kita pahami untuk bisa meraih keberkahan di bulan suci Ramadan.

Yang pertama adalah bermunajat kepada Allah SWT. “Allah telah berjanji bahwa ketika kita berdoa di bulan Ramadan, setiap doa akan dikabulkan, setiap amal akan dilipat gandakan pahalanya. Maka dari itu gunakanlah waktu di bulan Ramadan untuk bermunajat kepada Allah SWT memohon apa yang kita inginkan,” tutur Ustaz Rahmat.

Yang kedua, Ustaz Rahmat mengajak untuk memanfaatkan momen di bulan Ramadan untuk bermuhasabah diri. “Jadikan momen bulan Ramadan ini untuk melihat kembali amal ibadah kita dan kita perbaiki dan kita tingkatkan kualitas ibadah kita,” kata Ustaz Rahmat.

Yang ketiga, gunakanlah waktu kita dibulan Ramadan untuk memikirkan ciptaan-ciptaan Allah. Melihat peluang-peluang pahala apa saja yang bisa kita raih. “Mungkin ketika kita sedang dalam perjalanan menuju kantor, kita gunakan untuk berdzikir. Gunakan waktu luang untuk membaca Al Quran, dan lain sebagainya,” jelas Ustaz Rahmat.

Yang keempat, bagaimana kita mendapatkan penghidupan yang baik. Ustaz Rahmat mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: Orang-orang yang bersungguh-sungguh mencari penghidupan untuk menghidupi keluarganya, maka akan mendapatkan ampunan Allah SWT.

Maka dari itu, Ustaz Rahmat mengajak seluruh pegawai BSN untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan Ramadan. Menyusun rencana ibadah apa saja yang akan dilakukan, doa apa saja yang mau dipanjatkan, dan sebagainya. “Semoga dengan begitu Ramadan yang kita lalui pada tahun ini dapat lebih baik dari Ramadan sebelumnya,” pungkas Ustaz Rahmat.(tyo/dok foto:ria)

 

Galeri Foto: Munggahan BSN, Persiapkan Diri Raih Keberkahan di Bulan Ramadan