Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Meningkatkan Peran Aktif Personel Dalam Pengelolaan Mirror Committee Melalui Capacity Building Codex Indonesia

  • Rabu, 22 Maret 2023
  • Humas BSN
  • 926 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku sekretariat Codex Contact Point Indonesia mengundang perwakilan dari Kementerian/Lembaga, khususnya yang menangani kesekretariatan Mirror Committee Codex Indonesia untuk menghadiri kegiatan Capacity Building Codex Indonesia di kantor BSN pada hari Selasa (21/03/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penguatan kapasitas serta kompetensi sumber daya manusia dalam pelaksanaan kegiatan Codex di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Codex Indonesia merupakan organisasi yang dibentuk berdasarkan komitmen bersama antar instansi pemerintah yang memiliki tugas dan kewenangan di bidang keamanan, mutu dan/atau perdagangan pangan. Codex Indonesia dibentuk untuk mengelola seluruh kegiatan Codex di Indonesia dan mengkoordinasikan seluruh unsur pemangku kepentingan di bidang keamanan, mutu dan/atau perdagangan pangan di Indonesia.

Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo. Dalam sambutannya, Hendro mengatakan bahwa penyelenggaran kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman penanganan Codex bagi personil yang menangani kegiatan, khususnya Mirror Committee di masing-masing Kementerian/Lembaga.

“Dengan memahami tata cara penanganan, ketentuan, aturan main dsb, maka kita nanti akan menjadi tahu, kemudian bisa menentukan strategi yang tepat untuk menyampaikan posisi Indonesia. Harapannya, posisi Indonesia akan diterima di forum Codex level apapun.” ungkap Hendro.

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 sesi, dengan sesi pertama pembahasan materi “Pemahaman Codex Alimentarius Commission (CAC) dan Penanganan Mirror Committee Codex Indonesia tahun 2023”, sesi kedua pembahasan materi “Strategi Penyusunan Posisi Nasional di Forum Codex”, dan sesi ketiga yaitu pembahasan materi “Codex Web Tools Induction Programme”.

Kegiatan Capacity building ini diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh sekitar 70 peserta yang terdiri dari perwakilan beberapa Kementerian/Lembaga seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Badan Pangan Nasional, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan. Capacity Building kali ini juga menghadirkan 3 narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi (pakar Codex Indonesia yang pernah menjabat sebagai Vice Chair Codex Alimentarius Commission (CAC) pada tahun 2017-2019), Nindya Malvins Trimadya (Ketua Tim Kerja Pengembangan Standar Pertanian dan Halal BSN), dan Nuri Wulansari (analis standardisasi BSN dan perwakilan sekretariat Codex Contact Point Indonesia).

“Jadi, terlibat aktif di dalam penanganan Codex Indonesia itu menurut saya adalah hal yang penting untuk dilakukan.” terang salah satu narasumber yaitu Purwiyatno saat ditanya mengenai kiat-kiat untuk menjadi Vice Chair Codex. (hps/humas)