Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia Quality Expo 2023

  • Kamis, 09 November 2023
  • Humas BSN
  • 21537 kali

 

Latar Belakang

Dalam rangka mendorong daya saing produk nasional, meningkatkan perlindungan konsumen, serta menjaga fungsi kelestarian lingkungan hidup, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). SNI ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang berlaku secara nasional, dan diterapkan untuk terwujudnya keteraturan dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan pasar yang adil, serta memberikan jaminan kualitas dan keamanan produk baik barang maupun jasa.

Pemangkukepentingan terutama pelaku usaha, saat ini mulai meningkat kesadarannya dalam menerapkan SNI baik SNI terkait sistem manajemen, maupun produk. Lembaga penilaian kesesuaian (Lembaga sertifikasi, laboratorium dan Lembaga inspeksi) yang terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN), juga mengalami peningkatan. Hal ini menjadi sesuatu yang positif yang membuat masyarakat semakin percaya dan bangga terhadap produk bangsa Indonesia.

Dari keseluruhan perusahaan/industri/organisasi yang berhasil meraih SNI, tentu banyak yang memiliki kisah sukses. Kisah sukses yang menjadikan produk semakin dipercaya dan menembus pasar dalam negeri maupun mancanegara. Kisah sukses penerapan SNI tidak hanya dimiliki perusahaan/industri yang berskala menengah dan besar. Namun, usaha dalam skala kecil, juga tidak sedikit yang meraih keberhasilan dalam mengembangkan usaha melalui penerapan SNI.

Agar tercapainya tujuan untuk penerapan SNI yang lebih efektif, perlu adanya satu sarana yang mempertemukan seluruh pemangku kepentingan terutama pelaku usaha, lembaga penilaian kesesuaian, pemerintah (pusat dan daerah), dan universitas. Melalui sarana ini, memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, forum diskusi tentang perkembangan standar dan penilaian kesesuaian (SPK), serta menciptakan peluang-peluang transaksi baik jangka pendek, menengah, maupun panjang. 

Dengan mengambil tempat yang berdekatan dengan Ibukota Nusantara (IKN), Indonesia Quality Expo (IQE) akan menjadi sarana strategis bagi bertemunya pemangkukepentingan. Strategi expo ini akan memadukan berbagai acara baik pameran produk ber-SNI atau berstandar internasional (ISO/IEC), seminar tentang SPK, talkshow peserta pameran, gelar UMKM ber-SNI atau yang akan menuju ber-SNI, festival kuliner nusantara, hiburan dan pesta rakyat, dan sebagainya. 

Dalam momentum kebangkitan perekonomian Indonesia pasca pandemi Covid-19, IQE menjadi event penting untuk diikuti oleh seluruh pemangkukepentingan di seluruh Indonesia serta dihadiri masyarakat pada tempat pelaksanaan maupun luar kota yang menaruh minat untuk mendapatkan informasi SNI dan bertransaksi. 


Target IQE

1. Transaksi secara ekonomi (diharapkan juga terjadi transaksi jangka panjang atau kontrak dagang)

2. Traffic Pengunjung (Jumlah pengunjung yang besar)

3. Benefit peserta dan sponsor (Branding Perusahaan, Produk, atau Instansi)

4. Pemberitaan IQE, BSN dan SNI (Jumlah artikel pemberitaan di media massa)

5. Peningkatan follower dan engagedment media sosial (medsos BSN, medsos peserta dan sponsor)

 

Target Peserta :

1. Perusahaan/Industri Penerap SNI dan/atau ISO di seluruh Indonesia

2. Pemerintah Daerah (Dinas Perindustrian dan Koperasi, Perdagangan, Pariwisata, Perhubungan, Energi serta PTSP) Kota Balikpapan

3. Pemerintah Daerah (Dinas Perindustrian dan Koperasi, Perdagangan, Pariwisata, Perhubungan, Energi serta PTSP) Provinsi Kalimantan Timur

4. Pemerintah Daerah seluruh Indonesia

5. Pemerintah Pusat (Kemenperin, Kemendag, KKP, Kementan) 

6. Lembaga Penilaian Kesesuaian terakreditasi KAN seluruh Indonesia

7. BUMN dan BUMD yang telah menerapkan SNI dan/atau ISO

 

Gelar produk unggulan UMKM ber-SNI/ISO

1. UMKM Umum Non Binaan khusus produk unggulan

2. UMKM produk binaan BUMN/BUMD

3. UMKM Binaan atau yang menjadi unit usaha di Universitas 

4. Toko Buku dengan display buku tentang mutu dan manajemen kewirausahaan

5. UMKM Binaan BSN 


Target Pengunjung :

1. Pelaku usaha, asosiasi industri, dan asosiasi profesi di wilayah Balikpapan dan sekitarnya

2. Pelaku usaha, asosiasi industri, dan asosiasi profesi di wilayah Samarinda dan sekitarnya

3. ASN Pemerintah Kota Balikpapan

4. ASN Balai POM Kota Balikpapan, Balai Industri Kemenperin

5. Pegawai BUMN Kota Balikpapan

6. ASN Dinas Perindustrian, Perdagangan, PTSP, Pariwisata, Balai Industri Provinsi Kaltim

7. Akademisi dan mahasiswa pada Universitas di Balikpapan

8. Pelajar SLTP, SLTA, dan Kejuruan di Balikpapan

9. Dan lain-lain : Masyarakat umum di Balikpapan, Samarinda dan sekitarnya 

 

Pelaksanaan :

Waktu : Kamis – Minggu, 9 – 12 November 2023 Jam 10.00 – 21.00 WIB

Tempat : Balikpapan Sport and Convention Center atau Dome Balikpapan Jalan Ruhui Rahayu No.1, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76115

 

Kegiatan IQE :

1. Pameran Produk Unggulan ber-SNI dan/atau ISO : Barang Unggulan ber-SNI/ISO, Layanan Jasa dan/atau Pembinaan Standardisasi (Pemerintah dan Swasta), Layanan Sertifikasi dan Pengujian Produk SNI, Informasi tentang SNI Bina UMK (Kemudahan SNI), Konsultasi SNI, dan sebagainya.

2. Talkshow edukasi SNI, demo produk SNI, dan edu games peserta IQE di panggung acara

3. Seminar tentang Standar dan Penilaian Kesesuaian (SPK)

4. Edu Games seputar SNI di stand-stand IQE

5. Grandprize Produk SNI di hari terakhir IQE

6. Gelar Produk Unggulan UMKM ber-SNI/ISO di halaman DOME Balikpapan

7. Festival kuliner nusantara dan panggung music live band

 

Publikasi dan Pemberitaan:

1. Bahan publikasi di arena pameran, sekitar Gedung DOME, dan titik-titik strategis di kota Balikpapan

2. Bahan publikasi di area instansi pemerintah, kampus, dan perusahaan

3. Pemberitaan Media massa nasional berita Ekonomi: Bisnis Indonesia, Kontan, Investor Daily, Neraca, Industry.co.id, top business

4. Pemberitaan Media massa lokal jaringan BSN : Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Gresik

5. Pemberitaan Media massa lokal Balikpapan

6. Pemberitaan dan publikasi Media partner IQE

7. Publikasi dan pemberitaan media sosial

8. Publikasi video dan vlog : kerjasama dengan peserta IQE

9. Publikasi radio (talkshow IQE)