Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Lakukan Kunjungan Role Model SPK UMKM, PT Selaras Alam Sejahtera

  • Jumat, 19 Mei 2023
  • 1597 kali

Dalam rangkaian kegiatan acara sosialisasi yang dilaksanakan Badan Standardisasi Nasional (BSN) terkait Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian (PSPK) BSN, Zakiyah melakukan kunjungan ke salah satu pelaku usaha penerap Standar Nasional Indonesia (SNI) di Wonogiri, Jawa Tengah dan ke PT Selaras Alam Sejahtera (SAS) yang telah mendapatkan fasilitasi BSN di tahun 2022 dalam program fasilitasi penerapan SPK untuk UMKM, Industri dan Organisasi, pada Selasa-Rabu (16-17 Mei 2023) . 

Kunjungan dilakukan dalam rangka evaluasi penerapan SNI dan monitoring terhadap kegiatan fasilitasi penerapan standar dan penilaian kesesuaian. PT SAS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan pupuk organik yang menerapkan SNI 7763:2018, pupuk organik padat dan telah berhasil mendapatkan sertifikasi produk dari Lembaga sertifikasi berdasarkan SNI ISO/IEC 17065 yang telah terakreditasi oleh KAN.

Pimpinan di PT SAS, Cynthia menceritakan latar belakang pendirian PT SAS dan komitmennya dalam membuat pupuk organik yang berkualitas sehingga akan memberikan dampak yang baik terhadap kesuburan tanaman dan meningkatkan hasil produksi tanaman. Dalam kunjungan tersebut, diperlihatkan alur proses kegiatan produksi, penyimpanan bahan baku serta gudang tempat penyimpanan akhir pupuk organik, serta laboratorium internal PT SAS.

PT SAS melakukan pemilihan kualitas bahan baku pupuk organik dan pemisahan lokasi terhadap bahan baku pupuk organik yang berbeda, serta melakukan pengujian awal berupa uji kadar air dan unsur hara sebelum proses produksi pupuk dilakukan. Gudang penyimpanan pupuk organik ditempatkan terpisah dengan proses produksi dan terdapat 4 lokasi pintu keluar di gudang tersebut. Selain itu, PT SAS memiliki tanaman dan kebun yang menggunakan pupuk organik produksi PT SAS.

Deputi PSPK mengapresiasi atas usaha PT SAS dalam memproduksi pupuk organik padat dan berkomitmen menerapkan SNI. PT SAS juga didorong untuk mengikuti kegiatan SNI Award Tahun 2023 yang merupakan salah satu event terbesar apresiasi bagi penerap SNI. (Tyas - SPSPK/Red: PjA - Humas)