Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Cegah Penipuan Umrah, BSN Minta Travel Umrah Mengurus Sertifikasi SNI

  • Rabu, 24 Mei 2023
  • 613 kali

Kliping Berita 


FAZ • Wednesday, 24 May 2023 - 20:11 WIB

Jakarta - Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S Achmad mendorong pemilik biro Penyelenggaraan Perjalalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk mengurus sertifikasi standar nasional Indonesia (BSN). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perbaikan kualitas layanan.

"Kemenag punya tanggung jawab untuk mengendalikan penyelenggaraan ibadah umrah dan haji khusus yang terutama logistiknya dikelola oleh pihak swasta, karena ada beberapa kasus yg mencuat kemudian mereka (merugikan jemaah)," ujar Kukuh di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Kukuh menjelaskan, sertifikasi untuk layanan umrah itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 tentang PPIU. Pada Pasal 37 PMA Nomor 8 Tahun 2018 menetapkan, PPIU wajib diakreditasi (sertifikasi) oleh lembaga yang ditunjuk Direktur Jenderal, dengan masa berlaku sertifikasi tiga tahun.

"Meski demikian, hal itu sifatnya masih sukarela," kata Kukuh.

Saat ini, kata Kukuh, ada 22 PPIU yang sudah bersertifikasi SNI. Dia mendorong agar lebih banyak lagi PPIU yang memiliki sertifikasi SNI.

"Jadi, paling tidak ada kepastian jaminan dari Kemenag, mereka beroperasi berdasarakan aturan yang sudah ada," ucap dia.

Selain itu, BSN juga sedang berkomunikasi dengan Kemenag terkait dengan sertifikasi SNI di bidang pengumpulan zakat, infak, dan sedekah.

 

Link berita : https://www.mnctrijaya.com/news/detail/59711/cegah-penipuan-umrah-bsn-minta-travel-umrah-mengurus-sertifikasi-sni