Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dialog Interaktif Jurnalis dan Pimpinan BSN: Membangun Sinergi

  • Rabu, 24 Mei 2023
  • 741 kali

 

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad beserta jajaran pimpinan tinggi madya BSN menggelar temu wicara dengan para jurnalis (24/05/23). Acara ini digelar di kantor BSN yang berlokasi di Thamrin, Jakarta Pusat. Acara ini mendatangkan para jurnalis dari berbagai media di Indonesia, diantaranya adalah Tribunnews, MNC News, Tirto.com, IDNTimes, Suara.com, Tirto dll. Acara diawali dengan perkenalan BSN secara umum oleh Kukuh, dan dilanjutkan perkenalan diri serta tugas dan fungsi pokok masing-masing pejabat tinggi madya BSN.

“BSN merupakan salah satu Lembaga Pemerintah yang tugasnya menjadi katalisator untuk kemajuan bangsa, terutama dalam konteks dua hal yaitu memberikan perlindungan dan menaikkan daya saing melalui Standar Nasional Indonesia sebagai output utama dari BSN.” ungkap Kukuh.

Sejalan dengan penjelasan sebelumnya oleh Kukuh, Deputi Penerapan dan Penguatan Standardisasi Penilaian Kesesuaian BSN Zakiyah menambahkan bahwa BSN telah membuat kebijakan SNI Bina UMK. Melalui kebijakan ini, BSN memberikan fasilitasi pembinaan penerapan SNI kepada UMK KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) tingkat risiko rendah. Tujuan dari program SNI Bina UMK ini adalah untuk mendorong peningkatan kualitas produk dan jasa dari usaha mikro dan kecil (UMK) untuk memenuhi persyaratan SNI yang terintegrasi melalui perizinan tunggal berbasis risiko (OSS).

Melanjutkan penjelasan Zakiyah, Hendro Kusumo, Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, menjawab tentang pertanyaan jurnalis tentang kontribusi BSN di industri mobil listrik nasional. Menurutunya BSN telah membentuk Komite Teknis sejak tahun 2017. “Sebagian besar SNI yang ditetapkan mengadopsi standar internasional,” ujarnya.

Harapan dengan diselenggarakannya acara ini, BSN dapat berkolaborasi dengan para jurnalis dengan saling bertukar informasi, sehingga mereka juga dapat turut serta membantu mengenalkan BSN ke masyarakat luas. (awg & hps)