Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UNHAS Jajaki Kerjasama SNI Corner

  • Rabu, 24 Mei 2023
  • 426 kali

Universitas Hasanuddin (UNHAS) gandeng Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam berkomitmen penyebaran informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) melalui SNI Corner. Penjajakan Kerjasama kali ini dilakukan secara daring pada hari Rabu (24/5/2023) dihadiri oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan UNHAS, Direktur Keuangan dan Pimpinan Lainnya sedangkan BSN dihadiri oleh Ketua Tim SNI Corner, Minanuddin dan Tim Pengelola SNI Corner.

Acara dibuka oleh Minanuddin selaku Ketua Tim Kerja Layanan Informasi dan Perpustakaan khususnya untuk Pengelolaan SNI Corner dengan ungkapan syukur dapat bersilaturahmi dengan pimpinan UNHAS, dan menyampaikan terima kasih kepada pihak UNHAS atas inisiatif meyelenggarakan SNI Corner di UNHAS. Disampaikan pula oleh Minanuddin bahwa surat permohonan SNI Corner dari UNHAS pada prinsipnya dapat disetujui oleh pimpinan BSN, dan pertemuan ini merupakan tindaklanjut dari persetujuan tersebut guna membahas hal-hal yang lebih teknis persiapan penyelenggaraan SNI Corner di UNHAS. 

Selain itu, Minanuddin menjelaskan mengenai tupoksi BSN sebaga lembaga pemerintah yang mendapat tugas mengembangkan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan daya saing nasional  untuk kesejahteraan bangsa, Perguruan tinggi merupakan kelompok stratetis dalam masyarakat yang dapat mendukung misi pengembangan standar di Indonesia, dan perguruan tinggi juga merupakan Lembaga yang membutuhkan informasi dan referensi  SPK guna mendukung isi Tridharma Perguruan tinggi, Di Perguruan tinggi perlu diselenggarakan SNI Corner untuk dapat didayagunakan secara optimal guna mendukung misi pemerintah/BSN dan perguruan tinggi yang ditempati SNI Corner, Biro HKLI merupakan unit kerja di BSN yang menangani tugas pengelolaan  SNI Corner di seluruh Indonesia dan SNI Corner merupakan outlet layanan informasi SPK yang menyediakan informasi dan referensi standar/standardisasi (SPK), dan ke depan akan dikembangkan secara lebih pada aktifitas standardisasi lainnya secara menyeluruh.

Selanjutnya, Direktur Perencanaan dan Pengembangan UNHAS, Dr. M. Yahya, ST.,M.Eng, menyampaikan terkait Kebutuhan SNI Corner di UNHAS, SNI Corner akan ditempatkan di Gedung Rektorat, Lantai 2, SNI Corner akan berada  dalam Struktur Organisasi Universitas, dibawah Subdirektorat Monitoring dan Evaluasi/Sektretariat ISO yang telah disahkan sejak Juli 2022 dan SNI Corner di UNHAS akan dikelola dengan baik dan berkomitmen dalam penyebaran informasi ke civitas akademika dan masyarakat, di bawah pengawasan langsung Wakil Rektor II.

Selain itu Suryanto mengharapkan adanya Bimbingan Teknis kepada SDM Pengelola SNI Corner dan ingin melakukan study banding terkait pengelolaan SNI Corner yang berada di Perguruan Tinggi lainnya.

Diakhir acara disepakati akan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara BSN dan UNHAS terkait SNI Corner dan adanya bimbingan teknis terkait Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola SNI Corner. (FIR/AKH)