Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Peran STRACAP dalam memperkuat komitmen bersama ASEAN di tengah tren global

  • Selasa, 05 September 2023
  • Humas BSN
  • 13188 kali

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zakiyah mengikuti ASEAN Economic Community Council (AECC) Meeting yang berlangsung pada tanggal 2 - 3 Agustus 2023 di St. Regis Hotel, Jakarta.

Di tengah-tengah pertemuan, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan menekankan perlunya memperkuat komitmen bersama di tengah tren global menuju ekonomi hijau. “Perlu komitmen bersama yang kuat untuk mendorong peningkatan investasi hijau secara adil dan merata di kawasan, agar pertumbuhan berkelanjutan yang inklusif dapat diwujudkan,” ungkap Menteri Zulkifli Hasan.

Hal ini senada dengan pengembangan Roadmap of ASEAN Harmonised Standard to Support SDGs Implementation yang merupakan Priority Economic Deliverable yang diusung oleh BSN dalam keketuaan ASEAN 2023. Dalam pertemuan ini, PED tentang STRACAP tersebut juga disebutkan sebagai salah satu capaian yang akan disahkan tahun ini.

Dalam kesempatan ini, diungkapkan perekonomian ASEAN diperkirakan akan tumbuh stabil pada 2023 dengan moderasi pertumbuhan dari 5,6 persen di 2022 menjadi 4,7 persen di 2023 dan 5,0 persen di 2024. Pertumbuhan ini didukung penguatan konsumsi rumah tangga domestik, peningkatan perdagangan, serta pemulihan sektor jasa seperti pariwisata.

Dukungan di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian turut serta dalam penguatan infrastruktur Standardisasi salah satunya melalui adopsi 291 SNI yang mengacu pada 332 Standar Internasional yang diharmonisasi di ASEAN yang terdiri dari sektor Elektronika, Otomotif, Pangan, Farmasi, Kosmetik dan Peralatan Medis. 

Masih dalam rangkaian pertemuan tersebut, Direktur Sistem Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Konny Sagala turut berpartisipasi dalam Press Conference di depan media nasional. Pada kesempatan tersebut Konny melaporkan PED di bidang STRACAP (Roadmap of ASEAN Harmonised Standard to Support SDGs Implementation) yang juga berada di pilar ekonomi untuk diselesaikan pada kuartal ke-4 tahun 2023.

Sebagai informasi, dalam rangkaian sidang AEC Council tersebut, selain dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto yang menjadi AEC Council Chair, pertemuan ini juga dihadiri oleh Menteri perdagangan Zulkifli Hasan serta menteri-menteri bidang ekonomi, perdagangan, dan industri dari negara-negara ASEAN lainnya. (spspk)