Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Hadiri RDP dengan Komisi VI DPR, Bahas RKA K/L 2024

  • Rabu, 06 September 2023
  • Humas BSN
  • 318 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Gedung Nusantara I, Jakarta pada Selasa (5/9/2023). Kepala BSN, Kukuh S. Achmad beserta jajaran Pimpinan Tinggi Madya BSN hadir dalam RDP kali ini.

RDP yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VI DPR RI H.P Martin Y. Manurung ini membahas tentang RKA K/L Tahun Anggaran 2024 dan pelaksanaan anggaran sampai dengan Triwulan II Tahun Anggaran 2023.

Kukuh dalam kesempatan ini menyampaikan mengenai alokasi pagu anggaran BSN untuk Tahun 2024. Untuk tahun 2024, BSN mengalokasikan anggaran untuk mendukung program prioritas nasional sesuai RKP 2024 yaitu memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan.

Adapun kegiatan prioritas nasional BSN Tahun 2024 meliputi pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI); pembinaan dan penerapan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) bagi pelaku usaha dan lembaga penilaian kesesuaian, penerapan skema, pemantauan SNI, serta perundingan internasional; dan peralatan Laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU). Kukuh juga menyampaikan capaian prioritas nasional sampai dengan Triwulan II Tahun Anggaran 2023.

Dalam kesempatan ini, Anggota Komisi VI DPR RI, Subardi, menyampaikan masukan kepada BSN agar mengawal program peningkatan kualitas produk bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar mampu bersaing. Senada dengan hal tersebut, Anggota Komisi VI DPR Mulan Jameela juga mengungkapkan dukungan kepada BSN untuk melaksanakan program pembinaan bagi UMKM daerah.

Dalam RDP dengan Komisi VI ini BSN hadir Bersama dengan  Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU); Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Batam (BP Batam); serta Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).(ria – humas)