Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kolaborasi Aktif KLT BSN Jawa Timur - DPMPTSP Tingkatkan Daya Saing UMKM

  • Senin, 18 September 2023
  • Humas BSN
  • 184 kali

Dalam rangka mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Madiun, Jawa Timur untuk meningkatkan daya saing produk melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Madiun bersama Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Jawa Timur menyelenggarakan Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, pada Rabu (13/9/2023) di Madiun, Jawa Timur.

Berdasarkan fakta lapangan, banyak pelaku usaha Kota Madiun berniat untuk menerapkan SNI pada produk yang diproduksinya. Guna memberikan informasi lebih lanjut kepada para pelaku usaha yang dalam konteks ini berasal dari Kota Madiun, DPMPTSP Kota Madiun berkolaborasi dengan KLT BSN Jawa Timur untuk mengadakan kegiatan dimaksud.

“Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dalam memberikan pengetahuan tentang standardisasi dan manfaat penerapannya serta penjelasan yang berkenaan dengan prosedur dan hal teknis terkait,” ungkap Kepala Dinas DPMPTSP, Rully Dwi Ratnawati.

Untuk kedepan, sambungnya, pelaku usaha UMKM diharapkan dapat bertransformasi ke arah yang lebih baik dengan meningkatkan pemanfaatan media yang disediakan oleh Dinas Kota Madiun.

Dalam kesempatan yang sama, KLT BSN Jawa Timur menyampaikan pemahaman terkait kegiatan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) serta manfaat penerapannya baik dari segi peningkatan jaminan mutu, keamanan, kesehatan, keselamatan, dan pelestarian fungsi lingkungan hidup (K3L), maupun peningkatan efisiensi dan daya saing produk.

“Dalam upaya mendukung percepatan transformasi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK), BSN mengadakan program SNI Bina UMK yang terintegrasi dengan layanan penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Online Single Submission (OSS),” jelas Kepala KLT BSN Jawa Timur, Ahmad Faris.

Pelaku Usaha, lanjutnya, akan diarahkan untuk aktivasi akun bina UMK melalui https://binaumk.bsn.go.id/ agar dapat melakukan verifikasi terhadap usaha yang didaftarkan pada OSS dan mendapatkan akses pada pembinaan, pelatihan, serta konsultasi.

“Diharapkan UMKM Madiun dapat memanfaatkan program tersebut dengan maksimal,” pungkasnya.

Kegiatan dengan tema Kemudahan Mendapatkan Sertifikat SNI Bina UMK Bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil ini, dilaksanakan secara tatap muka dan turut dihadiri oleh UPT Teknis di wilayah Kota Madiun, BUMD Kota Madiun, dan 110 UMK wilayah Kota Madiun. (KLT BSN Jawa Timur/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Kolaborasi Aktif KLT BSN Jawa Timur - DPMPTSP Tingkatkan Daya Saing UMKM