Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

ALKALI, Memperkuat Sinergi Antar Laboratorium Kalibrasi di Indonesia

  • Senin, 18 September 2023
  • Humas BSN
  • 207 kali

Demi terwujudnya profesionalisme seluruh Laboratorium Kalibrasi di Indonesia dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan daya saing bangsa, Asosiasi Laboratorium Kalibrasi Indonesia (ALKALI) hadir untuk mendukung pemerintah, masyarakat industri dan perdagangan, serta usaha kecil dan menengah dalam standardisasi, pengendalian mutu produk dan pemantauan kualitas lingkungan serta efisiensi proses melalui akurasi pengukuran.

Sekretaris Utama Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional (KAN), Donny Purnomo hadir sekaligus melakukan pemukulan gong sebagai tanda telah diresmikannya ALKALI. Acara Grand Launching ini berlangsung pada Selasa (12/09/2023) di kantor BSN, Mampang Prapatan, Jakarta.

Dalam sambutannya, Donny menyampaikan bahwa ALKALI bisa menjadi jembatan untuk mengelola, memelihara dan mengkondisikan persaingan-persaingan antar laboratorium kalibrasi menjadi persaingan yang positif untuk kepentingan bersama. Donny menambahkan, ALKALI juga bisa menjembatani komunikasi dengan tim akreditasi BSN terkait dengan layanan akreditasi.

“Akreditasi itu kan external quality assurance, bukan perijinan. Jadi harapannya dengan adanya ALKALI, model kerjasama antara lembaga yang memberikan jaminan mutu eksternal kepada salah satu unit yang mengerjakan tugas BSN ini bisa berjalan dengan baik. Kami menunggu kiprah yang luar biasa dari ALKALI di dalam pengembangan kalibrasi di Indonesia”, ucap Donny.

Sementara itu, Ketua ALKALI, Rosadi BN Karsidjan Surawinata memaparkan terkait visi, misi organisasi serta program kerja ALKALI hingga tahun 2027.

Selanjutnya, Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) BSN, Y. Kristianto WIdiwardono menyampaikan peran penting laboratorium kalibrasi dalam hal pengukuran. “Jika tidak ada laboratorium kalibrasi, infrastruktur mutu nasional ini akan collapse”, kata Kris. Sebagai pengelola SNSU, Kris berharap akan semakin mudah untuk berkomunikasi dan berdialog untuk menjamin ketertelusuran pengukuran yang ada di Indonesia.

Sejalan dengan Kristianto, Direktur Standar Nasional Satuan Ukuran Mekanika, Radiasi, dan Biologi BSN, Wahyu Purbowasito menyampaikan bahwa laboratorium kalibrasi adalah mitra kerja dari SNSU. “Kita semua akan bekerja bersama untuk mewujudkan infrastruktur mutu seluruh Indonesia yang semakin bisa terjamin dengan baik. Sekaligus penilaian kesesuaian, baik itu sertifikasi, pengujian  maupun inspeksi bisa dijamin seluruhnya di Indonesia dan ini sesuai dengan apa yang kita sebut dengan tugas fungsi dari Badan Standardisasi Nasional”, tegas Wahyu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow dengan narasumber dari BSN, ALKALI, serta Masyarakat Metrologi Indonesia. (Ian – Humas)

 

Galeri Foto: ALKALI, Memperkuat Sinergi Antar Laboratorium Kalibrasi di Indonesia