Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KLT BSN Sumsel – PLUT Prabumulih Ajak UMKM Tingkatkan Mutu dengan SNI

  • Jumat, 20 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 944 kali

Dalam rangka meningkatkan mutu serta daya saing produk UMKM, Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Sumatera Selatan bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Prabumulih menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program SNI Bina UMK, pada Rabu (18/10/2023) yang bertempat di Aula Gedung Dinas Koperasi dan UMKM Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 100 UMKM Binaan PLUT Prabumulih dan Dinas Koperasi dan UKM (Diskop) yang memiliki berbagai produk unggulan daerah, salah satunya adalah produk olahan Nanas.

UMKM yang memproduksi produk dengan kategori risiko rendah, termasuk olahan Nanas dapat menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimulai dengan mengikuti Program SNI Bina UMK.

“Tanda SNI bina UMK diberikan secara gratis kepada UMKM dengan kategori Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) risiko rendah, bukan SNI wajib, dan termasuk pelaku usaha Mikro dan Kecil,” jelas Perwakilan KLT BSN Sumatera Selatan, Angga Madi Utomo.

Ini, lanjut Angga, merupakan tahap awal bagi UMKM untuk mendapatkan bimbingan penerapan SNI secara mudah dan efisien, termasuk menyiapkan UMKM untuk menerapkan SNI secara utuh.

Dengan adanya Program SNI Bina UMK ini, diharapkan para pelaku usaha dapat menghasilkan produk-produk yang sesuai standar, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, Junaedah, “Dihimbau para pelaku usaha menjaga konsistensi mutu produk yang dihasilkannya sesuai standar dengan penerapan SNI bina UMK”.

Di era ekonomi global ini, jaminan mutu bagi konsumen sangat dibutuhkan agar masyarakat percaya dan merasa aman untuk menggunakan atau mengonsumsi produk yang dibeli.

“Harapannya, sosialisasi penerapan SNI bina UMK ini membuat UMKM memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih terbuka, agar mampu menghasilkan produk yang bermutu dan terjamin baik dari segi kegunaan, keselamatan dan keamanan,” pungkas Junaedah.

Turut hadir dalam acara, Analis Standardisasi Ahli Pertama BSN, Galih yang menyampaikan materi mengenai langkah-langkah untuk mengakses Program SNI Bina UMK.

Kegiatan berjalan secara lancar dan interaktif, dimana KLT BSN Sumatera Selatan dan PLUT Prabumulih melakukan praktik pendaftaran Program SNI Bina UMK, yang akan dilanjutkan dengan kegiatan verifikasi dan bimbingan teknis kepada UMK yang siap untuk menerapkan dan mendapatkan pendampingan sertifikasi SNI.

Sementara itu, Sosialisasi SNI Bina UMK dilakukan di 8 PLUT yang tersebar mulai dari Riau, Padang, Prabumulih, Jogja, Bandung, Semarang, Malang, dan Makassar. (KLT BSN Sumatera Selatan/Red: PjA – Humas)

Galeri Foto: KLT BSN Sumsel – PLUT Prabumulih Ajak UMKM Tingkatkan Mutu dengan SNI