Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Bina UMK Dukung Perkembangan Berkelanjutan Kualitas Produk Indonesia

  • Selasa, 24 Oktober 2023
  • Humas BSN
  • 977 kali

Dalam rangka mendukung perkembangan berkelanjutan kualitas produk Indonesia, termasuk UMKM, Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (KLT BSN) Riau bersama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Riau menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program SNI Bina UMK, pada Jum’at (20/10/2023) yang bertempat di Gedung UPT. PLUT KUMKM Provinsi Riau.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 100 UMKM Binaan PLUT Riau yang memproduksi produk dengan kategori risiko rendah, untuk menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimulai dengan mengikuti Program SNI Bina UMK.

Tingginya antusiasme dari peserta yang hadir, memperluas peluang semakin banyaknya pelaku usaha yang mendapat manfaat dari penerapan SNI bina UMK, ungkap Analis Kebijakan Ahli Utama BSN, Puji Winarni.

Program ini merupakan tahap awal bagi UMKM untuk mendapatkan bimbingan penerapan SNI secara mudah dan efisien, sekaligus menyiapkan UMKM untuk menerapkan SNI secara utuh.

“Tanda SNI bina UMK diberikan secara gratis kepada UMKM dengan kategori Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) risiko rendah, bukan SNI wajib, dan termasuk pelaku usaha Mikro dan Kecil,” jelas Perwakilan KLT BSN Riau, Refiano Andores.

Program SNI Bina UMK yang digulirkan oleh BSN sebagai Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) ini, sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha termasuk UMKM, terutama melalui peranan pentingnya dalam memberikan pembinaan juga pendampingan penerapan SNI kepada UMKM, bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait, juga Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Sosialisasi SNI Bina UMK dilakukan di 8 PLUT yang tersebar mulai dari Riau, Padang, Prabumulih, Jogja, Bandung, Semarang, Malang, dan Makassar. (KLT BSN Riau/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: SNI Bina UMK Dukung Perkembangan Berkelanjutan Kualitas Produk Indonesia