Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bedah Standar SNI ISO 10000 Series & Temu Pengelola SNI Corner, Kiat BSN Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan

  • Jumat, 17 November 2023
  • Humas BSN
  • 1803 kali

Kepuasan pelanggan telah menjadi aspek kunci dalam keberhasilan suatu bisnis dan penyediaan layanan publik. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan elemen utama dalam meningkatkan reputasi dan pertumbuhan berkelanjutan.

Masih dalam rangkaian Bulan Mutu Nasional 2023, Perpustakaan Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengadakan Seminar Bedah Standar dengan mengusung tema “Peningkatan Kualitas Kepuasan Pelanggan Berbasis SNI ISO 10000 Series” pada Rabu (15/11/23) di Ruang Merak, Jakarta Convention Center.

Seri SNI ISO 10000 merupakan kumpulan standar adopsi internasional yang menyediakan panduan untuk mengelola kepuasan pelanggan. Mencakup berbagai aspek, diantaranya identifikasi kebutuhan pelanggan, perencanaan, pengukuran, evaluasi, hingga penanganan keluhan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo mengatakan bahwa seri SNI ISO 10000 dapat menjadi satu rangkaian penting dalam mendukung pencapaian mutu yang tujuan utamanya adalah kepuasan pelanggan.

“Harapannya dalam diskusi ini kita bisa melihat lebih dalam Seri SNI ISO 10000 series, yang merupakan akumulasi dari pengetahuan tentang customer service excellence dari berbagai pihak di dunia.” Jelas Donny.

Hadir sebagai pembicara, Ketua Komite Teknis 03-02 Sistem Manajemen Mutu, Arifin Lambaga; Ketua Harian YLKI, Sudaryatmo; Vice President Customer Care PT KAI, Dian Anggraheni P; dan Analis Kebijakan Muda Kementerian PANRB, Fanoeel Thamrin.

Seminar yang dimoderatori oleh Pustakawan BSN, Muhammad Bahrudin ini dihadiri oleh stakeholder BSN seperti beberapa perwakilan Kementerian/Lembaga, pelaku usaha, institusi pendidikan, dan lembaga penilaian kesesuaian.

Temu Pengelola SNI Corner

Agenda dilanjutkan dengan kegiatan Temu Pengelola SNI Corner yang merupakan forum tahunan para pengelola SNI Corner dan mitra kerjasama untuk bersilaturahmi dan saling bertukar pengetahuan, pengalaman, dan gagasan. Forum ini juga berperan sebagai wadah untuk berdiskusi terkait pengelolaan SNI Corner guna mendukung pencapaian visi dan misi nasional di bidang standardisasi pada umumnya, dan mendukung visi misi instansi induk pengelola SNI Corner pada khususnya melalui penyebaran dan pendayagunaan informasi standardisasi secara efektif dan efisien.

Sebagaimana diketahui, SNI Corner merupakan outlet informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian yang menyediakan informasi terpadu satu pintu baik dalam bentuk dokumen fisik maupun melalui aplikasi Portal SNI. Informasi terpadu yang ditawarkan, yaitu dokumen SNI, direktori SNI, daftar regulasi teknis, direktori laboratorium dan lembaga sertikasi, buku referensi, publikasi ilmiah dan publikasi informatif SNI, serta galeri infografis dan video standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Berdasarkan laporan Ketua Tim Layanan Informasi dan Perpustakaan BSN, Minanuddin, saat ini terdapat 33 SNI Corner di seluruh Indonesia, dengan rincian 22 berada di Perguruan Tinggi, dan 11 berada di Lembaga Instansi Pemerintah.

Melanjutkan pernyataan Minanuddin, Sekretaris Utama BSN, Donny Purnomo menambahkan bahwa SNI Corner merupakan salah satu cara BSN untuk mendekati pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. “Kalau kita bicara layanan standardisasi dan penilaian kesesuaian dengan Indonesia yang sangat luas, tidak mungkin BSN bisa menjalankan layanan per tahun dengan dilakukan oleh BSN sendiri. Oleh karena itu, salah satu bentuk bagaimana mendekati pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, BSN kemudian membangun SNI Corner sebagai titik-titik terkait informasi standardisasi yang lebih dekat kepada masyarakat," ungkap Donny.

Pengelola SNI Corner dan mitra kerjasama merupakan ujung tombak dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat pengguna yang ingin memperoleh informasi serta berkonsultasi dalam memanfaatkan informasi standardisasi. Kolaborasi dan sinergitas sangat dibutuhkan dalam pemberdayaan SNI Corner dalam mendukung penyebaran informasi standardisasi dan membudayakan standar di masyakarat guna mendukung mutu dan daya saing nasional untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Hadir sebagi narasumber yaitu Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri; Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti; dan Kepala UPT Perpustakaan dan Undip Press Universitas Diponegoro, Suwondo. Diskusi ini dimoderatori oleh Pustakawan BSN, Farida Pari. (ian-hps/humas)

 

Galeri Foto: Bedah Standar SNI ISO 10000 Series & Temu Pengelola SNI Corner, Kiat BSN Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan