Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kerja Sama SNSU BSN - BBPPT untuk Tingkatkan Kemampuan Pengelolaan Laboratorium Kalibrasi

  • Selasa, 30 Januari 2024
  • Humas BSN
  • 1247 kali

Untuk mewujudkan kerja sama dan sinergisitas dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan laboratorium kalibrasi sesuai dengan SNI ISO/IEC 17025:2017, Direktorat Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Termoelektrik dan Kimia Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Sinergitas Dalam Rangka Pengembangan dan Pengelolaan Laboratorium Kalibrasi.

Penandatanganan PKS dilakukan Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid dengan Kepala BBPPT, Syaharuddin pada Senin (29/1/2024) di Kantor BBPPT, Depok, Jawa Barat. Kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara BSN dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Sinergitas Program Kegiatan Bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Dengan Bidang Komunikasi dan Informatika.

Adapun ruang lingkup kerja sama ini meliputi: Peningkatan kompetensi dan kemampuan sumber daya manusia dalam rangka pengembangan dan pengelolaan laboratorium kalibrasi lingkup kelistrikan, waktu, dan frekuensi; Peningkatan sumber daya perangkat kalibrasi dalam rangka pengembangan dan pengelolaan laboratorium kalibrasi lingkup kelistrikan, waktu, dan frekuensi; serta ruang lingkup lain yang disepakati.

Deputi Bidang SNSU BSN, Y. Kristianto Widiwardono yang juga turut hadir menyaksikan penandatanganan PKS tersebut menyampaikan, kerja sama ini sangat penting agar layanan kalibrasi yang ada di BBPPT bisa menjangkau stakeholder lebih luas. "Kerja sama antara BBPPT dengan SNSU BSN ini digagas karena adanya kebutuhan terkait dengan pengembangan dan pengelolaan alat ukur yang digunakan untuk menguji berbagai perangkat telekomunikasi," tutur Kris.

Kepala BBPPT, Syaharuddin mengungkapkan, selama ini BBPPT dalam melakukan pengembangan laboratorium kalibrasi didampingi dan dibantu oleh SNSU BSN, termasuk juga dalam penentuan parameter yang harus dipenuhi untuk menjadi laboratorium kalibrasi yang unggul dan berkelas dunia, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia dari BBPPT.

Penandatanganan PKS ini juga turut disaksikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail dan juga jajaran Pimpinan SDPPI. Pada kesempatan ini juga dilakukan kunjungan laboratorium untuk melihat fasilitas yang digunakan untuk melakukan pengujian berbagai perangkat telekomunikasi.

BBPPT merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal SDPPI yang berperan sebagai laboratorium pengujian dan kalibrasi yang terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017. Jenis layanan pengujian yang dilayani oleh laboratorium-laboratorium di lingkungan BBPPT meliputi Pengujian Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Radio; Pengujian Alat/Perangkat Telekomunikasi Berbasis Non Radio; Pengujian Electromagnetic Compatibility Alat/Perangkat Telekomunikasi; dan Pelayanan Kalibrasi Perangkat Telekomunikasi. (tyo-humas)

 

Galeri Foto: Kerja Sama SNSU BSN - BBPPT untuk Tingkatkan Kemampuan Pengelolaan Laboratorium Kalibrasi