Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia Terpilih Menjadi Ketua ASEAN Experts Group on Metrology Periode 2024-2026

  • Senin, 05 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 1334 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) mendapat kehormatan menjadi tuan rumah ASEAN Experts Group on Metrology ke-10 (EGM-10). Pertemuan tahunan para ahli di bidang Metrologi tingkat regional ASEAN ini diselenggarakan secara daring pada Kamis (01/02/2024), dengan dihadiri oleh anggota Sekretariat ASEAN dan delegasi negara-negara ASEAN, seperti: Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Pertemuan ini dibuka oleh Senior Director National Metrology Institute of Malaysia (NMIM) selaku Ketua ASEAN EGM, Osman Zakaria.

Dalam sambutannya, Osman Zakaria menghimbau agar seluruh delegasi aktif berkomunikasi dan harmonisasi untuk bersama-sama menyelesaikan hambatan teknis dalam upaya peningkatan sektor metrologi di kawasan ASEAN agar dapat memperoleh manfaat dari kegiatan yang direncanakan.

Dalam pertemuan ini, Direktur Standar Nasional Standar Ukuran Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid terpilih menjadi Ketua (Chairperson) ASEAN Experts on Metrology untuk periode 2024-2026, menggantikan Senior Director NMIM-Malaysia, Osman Zakaria yang telah menjabat Chairperson ASEAN EGM pada periode 2021-2023. Ghufron menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan menyatakan bahwa anggota EGM harus bersinergi untuk merealisasikan program-program yang telah disusun agar dapat berkontribusi untuk mewujudkan ASEAN sebagai "Community of Opportunities For All".

Head of Science and Technology Division dari ASEAN Secretariat, Zurina Moktar membahas hasil pertemuan-pertemuan regional di tingkat ASEAN untuk memberikan ruang pertukaran informasi terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Ia juga menyatakan bahwa Sekretariat ASEAN siap memberi dukungan pendanaan untuk proposal kegiatan yang akan diusulkan melalui EGM.

Agenda pertemuan kemudian dilanjutkan dengan pemberian informasi terkini tentang kegiatan-kegiatan metrologi yang telah dilaksanakan oleh masing-masing delegasi negara. Dalam rangka membangun kerjasama, EGM akan mengajukan proposal joint activity di bidang Digital Transformation for Scientific and Legal Metrology kepada ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality - Working Group on Metrology) ACCSQ-WG3

Pertemuan ditutup dengan diskusi singkat, pesan positif, harapan dan ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Osman Zakaria (Chairman EGM 2021-2023) dan Ghufron Zaid (Chairman EGM 2024-2026). (MRI, RAS-SNSUTK)