Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kopi Wanoja Jawa Barat Sukses Jangkau Pasar Arab Saudi dengan SNI

  • Jumat, 23 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 3006 kali

Kelompok Tani Kopi Wanoja Jawa Barat yang merupakan salah satu UMKM Binaan Badan Standardisasi Nasional (BSN) berhasil menembus pasar Arab Saudi melalui ekspor 7 ton kopi yang dilaksanakan melalui kegiatan pelepasan ekspor pada Kamis, (22/2/2024) di Gedebage, Kota Bandung – Jawa Barat.

Ekspor yang bernilai Rp. 1,4 miliar ini, merupakan hasil kolaborasi BSN dengan Bank Indonesia dalam program fasilitasi Standar Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) atau SNI CAC/RCP 1:2011 kepada Kelompok Tani Kopi Wanoja Jawa Barat, yang berhasil meraih Sertifikasi dimaksud pada tahun 2021.

Berhasilnya Kelompok Tani Kopi Wanoja Jawa Barat dalam menerapkan Standar HACCP merupakan sebuah komitmen kuat yang berkelanjutan, “Komitmen menerapkan Standar HACCP memiliki tujuan awal untuk perluasan pasar dan perlu adanya pengakuan dari Lembaga yang independen terhadap kualitas mutu produk biji kopi yang telah kami terapkan,” ungkap Pengurus Kelompok Tani Kopi Wanoja Jawa Barat, Kang Satrea Amambi.

Turut hadir dalam kesempatan yang sama, Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat; Pimpinan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kantor Wilayah Jawa Barat; Perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jawa Barat, OPD di lingkungan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bandung; Ketua Kelompok Tani Kopi Wanoja, Eti Sumiati; serta Perwakilan Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Jawa Barat. (KLT BSN Jawa Barat/Red: PjA – Humas)

 

Galeri Foto: Kopi Wanoja Jawa Barat Sukses Jangkau Pasar Arab Saudi dengan SNI