Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Lakukan Koordinasi Dengan K/L, BSN Siap Laksanakan PNPS Tahun 2024

  • Rabu, 28 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 986 kali

Dalam rangka memastikan pelaksanaan Program Nasional Perumusan Standar (PNPS) berjalan dengan baik, Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan rapat koordinasi program perumusan Standar Nasional Indonesia (SNI) tahun 2024 dengan mengundang beberapa perwakilan komite teknis (komtek) lingkup pengembangan standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Penilaian Kesesuaian (AKKPK) pada Senin (26/02/24) di Kantor BSN, Jakarta.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Pengembangan Standar BSN, Hendro Kusumo menjelaskan bahwa kegiatan ini bermaksud untuk mengetahui rencana program kerja dari masing-masing komtek. “Begitu PNPS sudah ditetapkan, sekretariat komtek yang berada di Kementerian/Lembaga dapat memastikan bahwa program kerjanya akan berjalan,” ungkap Hendro.

Sementara itu, dalam kegiatan ini Direktur Pengembangan Standar AKKPK BSN, Heru Suseno menyampaikan informasi terkait perubahan nomenklatur dalam lingkup Deputi Pengembangan Standar di BSN. Heru juga menyampaikan mengenai beberapa pedoman terkait pengembangan standar yang telah ditetapkan oleh BSN pada tahun 2023 sebelumnya.

Seperti diketahui, PNPS merupakan usulan rancangan SNI dari pemangku kepentingan yang dirumuskan secara terencana, terpadu, dan sistematis dengan memperhatikan rencana pembangunan dan kebijakan nasional.

PNPS Tahun 2024 telah ditetapkan pada awal Januari melalui Keputusan Kepala BSN No. 2/KEP/BSN/1/2024 tentang Program Nasional Perumusan SNI dengan jumlah PNPS yang ditetapkan sebanyak 291 PNPS di lingkup pengembangan standar AKKPK, dengan 64 PNPS berasal dari komite teknis lingkup sektor Pangan Olahan, Kimia, Kesehatan dan Penilaian Kesesuaian dan Ekonomi Kreatif dengan sekretariat Komtek berada di luar BSN (Kemendag, Kemenkes, Kemenaker, Kemenperin, dan KemenPPA).

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa anggota perwakilan komite teknis yang sekretariatnya berada di Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Perindustrian, Badan Pengawas Obat dan Makanan, serta Badan Narkotika Nasional.

Pada kegiatan ini, presentasi singkat dilakukan oleh perwakilan sekretariat komtek berisi rencana program pelaksanaan PNPS dan rencana kegiatan kaji ulang selama tahun 2024. (hps/Humas)

 

Galeri foto: Lakukan Koordinasi Dengan K/L, BSN Siap Laksanakan PNPS Tahun 2024