Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNSU BSN Terima Benchmarking dari Telkom Test House

  • Rabu, 28 Februari 2024
  • Humas BSN
  • 555 kali

Deputi Bidang Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerima kunjungan dari Laboratorium Telkom Test House (TTH) pada Selasa (27/2/2024) di Gedung SNSU BSN, Tangerang Selatan. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka benchmarking serta sharing knowledge tentang pengelolaan layanan publik SNSU, khususnya layanan jasa kalibrasi dan pengukuran.

Direktur SNSU Termoelektrik dan Kimia BSN, Ghufron Zaid dalam sambutannya menyampaikan bahwa SNSU BSN merupakan Lembaga Metrologi Nasional (NMI), yang bertugas dalam pengelolaan standar nasional satuan ukuran tertinggi di Indonesia. “Posisi kami, SNSU sebagai laboratorium rujukan nasional dalam ketertelusuran pengukuran,” ungkap Ghufron.

Oleh karena itu, untuk menjamin ketertelusuran pengukuran, SNSU BSN menyediakan layanan kalibrasi dan pengukuran bagi laboratorium kalibrasi yang berbasis nilai acuan.

Kepala Laboratorium SNSU Panjang, Nurlathifah mengungkapkan, kemampuan pengukuran/kalibrasi SNSU BSN telah memperoleh pengakuan secara nasional melalui akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) serta pengakuan internasional melalui skema Mutual Recognition Arrangement (MRA) di bawah koordinasi Komite Internasional Timbangan dan Ukuran (Comité international des poids et mesures / CIPM).

Capaiannya, pada tahun 2023, SNSU BSN telah menerbitkan 2.296 sertifikat kalibrasi dan sertifikat hasil kegiatan uji profisiensi.

Sebagai bentuk penerapan reformasi birokrasi, melalui pemanfaatan teknologi informasi, SNSU BSN berinovasi dengan meluncurkan Aplikasi SPARTA, yang digunakan secara resmi sejak 1 September 2020. Melalui aplikasi SPARTA, kini layanan jasa kalibrasi dan pengukuran dapat diberikan dengan cepat dan transparan.

Hasilnya, pada tahun 2022, SNSU BSN meraih penghargaan sebagai unit pelayanan publik dengan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Manager User Relation Telkom Test House, Yudha Indah P. yang memimpin kunjungan menyampaikan bahwa benchmarking ini dilakukan dalam rangka memperbaiki layanan Telkom Test House, dengan mempelajari pengelolaan layanan SNSU. Harapannya ke depan, Laboratorium Telkom Test House dapat membangun kerja sama dengan SNSU BSN terkait pengembangan sumber daya di bidang pengukuran dan kalibrasi nasional. Setelah sesi diskusi, Telkom Test House berkesempatan melihat unit layanan SNSU secara langsung.(ria-humas)

 

Galeri foto: SNSU BSN Terima Benchmarking dari Telkom Test House