Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Buka Kesempatan Perpustakaan Ikut SNI Award 2024

  • Rabu, 20 Maret 2024
  • Humas BSN
  • 1192 kali

Tahun ini, Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menggelar SNI Award 2024 untuk memberikan apresiasi kepada organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten serta berkelanjutan. Untuk mendorong lebih banyak organisasi yang menerapkan SNI dan mengikuti ajang penghargaan SNI Award, BSN menggelar sosialisasi SNI Award 2024 kepada Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) pada Senin (18/3/2024) secara daring.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Nur Hidayati menyampaikan, SNI Award yang sudah digelar sejak tahun 2005 ini memiliki 12 kategori, yang diantaranya terdapat organisasi jasa dan organisasi pendidikan. “Karena perpustakaan merupakan organisasi yang menerapkan SNI, artinya menjadi salah satu organisasi yang bisa masuk dalam SNI Award,” tutur Nur.

Menurut Nur, dengan mengikuti SNI Award, organisasi bisa mendapat nilai tambah karena kriteria-kriteria yang ada di SNI Award bisa menjadi acuan untuk perbaikan secara berkelanjutan bagi organisasi tersebut. Maka dari itu, ia mendorong organisasi perpustakaan maupun perguruan tinggi untuk dapat mengikut SNI Award.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum FPPTI, Mariyah mengatakan bahwa perpustakaan perguruan tinggi perlu menerapkan standar dalam pengelolaan perpustakaan agar kualitas layanan yang diberikan sesuai harapan pelanggan. BSN telah menetapkan SNI di bidang perpustakaan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja layanan dan pengelolaan perpustakaan, serta dapat membawa instansi perpustakaan bertaraf internasional.

Mariyah mengajak Unit Pengelola Perpustakaan untuk manfaatkan ajang SNI Award sebagai pendorong perpustakaan dalam mewujudkan kinerja layanan yang berkualitas dan berkelanjutan sehingga mampu mendukung peningkatan pendidikan dan sumber daya manusia yang unggul.

Dalam forum ini, disampaikan penjelasan tentang pelaksanaan SNI Award, yang meliputi syarat, aturan, kategori, alur, pendaftaran, hingga proses penilaian yang disampaikan oleh Analis Standardisasi Ahli Madya BSN, Tintin Prihatiningrum selaku Ketua Tim Diseminasi Standar dan Penilaian Kesesuaian.

Dalam pelaksanaan penilaian SNI Award, Tintin mengatakkan akan ada berbagai tahapan dan kriteria yang akan dinilai oleh tim evaluator SNI Award. “Dalam penilaian, tim evaluator akan memberi masukan dalam aspek-aspek yang masih bisa diperbaiki atau ditingkatkan untuk menjadi lebih baik,” jelas Tintin.

Sedangkan Lead Evaluator SNI Award, Nurasih Suwahyono memaparkan tentang kriteria penilaian dalam SNI Award, yang meliputi kepemimpinan; strategi; pelanggan; manajemen sumber daya; operasi; pengukuran, analisis dan peningkatan kinerja; serta hasil-hasil.

Pendaftaran SNI Award 2024 dapat dilakukan melalui tautan: s.id/SNIAWARD2024. Batas akhir pendaftaran sampai dengan tanggal 31 Maret 2024.(tyo-humas)